PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “CULTURE TECHNOLOGY” (CULTECH).

1807433025, Octavia Martha Veronica (2022) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “CULTURE TECHNOLOGY” (CULTECH). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi.pdf] Text
Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab II - Bab IV.pdf] Text
Isi Bab II - Bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Octavia Martha V.pdf] Text
Manuskrip Octavia Martha V.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (549kB)

Abstrak

Dunia Pendidikan mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga harus mengimbangi tren teknologi yang begitu berkembang. Pengajar harus berpikir dengan cepat seperti metode apa yang sesuai dan dapat diikuti oleh para murid agar tidak terjadi kesalahan terhadap penyampaian informasi dan lebih mudah dipahami. Salah satunya yaitu penggunaan gadget sebagai sarana penyampaian pembelajaran yang paling banyak digunakan pada dunia Pendidikan. Saat ini pengenalanan dan penyampaian materi tentang keberagaman Nusantara terutama bangunan bersejarah masih menggunakan metode berupa media tulisan maupun gambar digital yang sederhana sehingga membuat anak-anak merasa kesulitan dan merasa bosan dalam mempelajarinya. Media pembelajaran membutuhkan pembaharuan meliputi meningkatnya perkembangan teknologi dalam penyampaian materi dan informasi yang digunakan, seperti teknologi Augmented Reality dan simulasi 3D. Implementasi teknologi augmented reality yang digunakan yaitu dengan mendeteksi object melalui poster digital atau gambar media edukasi pulau Indonesia. Selain itu dengan simulasi 3D yang merepresentasikan dan menujang materi. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan siswa dapat lebih mudah untuh memahami keberagaman Nusantara serta lebih menyenangkan, memberikan kemudahan terhadap pengajar untuk menjelaskan materi pembelajaran kepada anak dan menghasilkan metode pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dalam memahami sebuah materi.

Kata kunci: Augmented Reality, asset 2D & 3D, Dunia Pendidikan, metode pembelajaran, media edukasi interaktif

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 902 Aneka ragam sejarah
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Octavia Martha
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:40
Last Modified: 01 Sep 2022 08:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item
View Item