Pengaruh Halal Awareness dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia di Indonesia

1804411061, Ananda Nabilah Aprilliani (2022) Pengaruh Halal Awareness dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia di Indonesia. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5))
Halaman Identitas.pdf.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of ISI (BAB 2 s.d. BAB 4)] Text (ISI (BAB 2 s.d. BAB 4))
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (843kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal_Ananda Nabilah Aprilliani_1804411061.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (144kB)

Abstrak

Indonesia sebagai negara yang mayoritas beragama Islam menjadi salah satu potensi terbesar yang mendukung peningkatan pergerakan ekonomi syariah di Indonesia, dengan salah satu bentuk kontribusi melalui kegiatan belanja produk-produk halal di e-commerce, salah satunya Tokopedia. Tokopedia menjadi salah satu e-commerce Indonesia, menjawab kebutuhan produk halal dengan menghadirkan segmen khusus produk halal bernama Tokopedia Salam (Halal Corner). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh halal awarness dan label halal produk terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden daerah DKI Jakarta yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa halal awareness dan label halal memiliki korelasi positif terhadap keputusan pembelian, namun hanya label halal yang memiliki pengaruh signifikan. Label halal dipercaya memberikan keyakinan kuat bahwa produk tersebut memenuhi prinsip-prinsip halal. Adapun halal awareness memiliki pengaruh yang kurang signifikan terhadap keputusan pembelian karena mayoritas konsumen belum memiliki pemahaman yang utuh terhadap kriteria dan proses sebuah produk dapat dikatakan halal. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi serta masukan bagi e-commerce Tokopedia untuk memberikan informasi pengetahuan seputar halal awareness kepada konsumen mengenai penjualan produk halal.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Ananda Nabilah Aprilliani
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 05 Sep 2022 04:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item
View Item