PERANCANGAN BUKU BRAND PROFILE SUTRO BATIK UNTUK MEMBANGUN CITRA BRAND YANG PROFESIONAL

2106422007, Daffa Nauval Amany (2025) PERANCANGAN BUKU BRAND PROFILE SUTRO BATIK UNTUK MEMBANGUN CITRA BRAND YANG PROFESIONAL. D4 thesis, Politkenik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s_d Bab 4).pdf] Text
Isi (Bab 2 s_d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (27MB)

Abstrak

Seiring berkembang pesatnya industri fashion di Indonesia membuat pelaku bisnis brand fashion semakin maju dalam inovasi dan menjadi lebih modern menyesuaikan sesuai selera pasar. Sebagai salah satu brand yang sedang mengembangkan bisnis fashion, brand Sutro membutuhkan sebuah brand profile. Sutro mengembangkan produk-produk baru berbasis batik, seperti baju batik dan aksesoris lainya, Sutro juga merupakan brand batik yang peduli dengan lingkungan dimana limbah kain dijadikan sebagai produk kerajinan, Namun brand Sutro belum memiliki brand profile yang bisa dijadikan sebagai media kerja sama atau media komunikasi visual untuk kebutuhan profesional seperti untuk calon mitra bisnis, calon investor, bazzar dan kebutuhan kompetisi, kurangnya brand profile sebagai media komunikasi professional membuat kebutuhan bisnis mereka menjadi kurang lancar dan dampak dari tidak memiliki brand profile membuat Sutro batik tampak tidak profesional di hadapan calon investor dan mitra bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan design thinking yang memiliki tahap empathize,define, Ideate, prototype, dan test dalam konteks penelitian ini metode ini digunakan untuk menggali proses dan memahami cara perancangan desain dan untuk mencari solusi dari permasalahan desain. Metode pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi dan juga studi literatur. Sebelum hasil ditentukan dibuat mind map, moodboard, sketsa dan komprehensif yang menghasilkan prototype dan di testing menghasilkan masukan berupa perubahan layout, teks dan ukuran font maupun teks dari target audience dan pada akhirnya menghasilkan perancangan berupa brand profile cetak yang memiliki visual yang modern, minimalis dan maskulin penuh desain ornamen dan warna utama merah yang bisa memperkuat citra profesional dan memudahkan komunikasi dengan mitra bisnis dan investor, adapun juga desain turunan berupa business card, hang tag dan paperbag.
Kata kunci: Batik, Fesyen,Profil Merk,UMKM.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka > 096 Buku-buku dengan ilustrasi khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka > 099 Buku-buku berformat khusus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 677 Tekstil
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 779 Gambar fotografi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: daffa amany
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:49
Last Modified: 21 Jul 2025 07:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item
View Item