2107431010, Fajar Mustofa (2025) IMPLEMENTASI VISUAL EFFECT DENGAN INTEGRASI REAL FOOTAGE DAN ANIMASI 2D PADA VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH PROKLAMASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of Isi Skripsi (Bab 2 - Bab 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Skripsi ( Bab 2 - Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of 2107431010_Fajar Mustofa_Jurnal.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431010_Fajar Mustofa_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (616kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan video edukasi sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas 5 SDN Kencana 1. Media ini dikembangkan dengan pendekatan visual yang menarik melalui implementasi visual effect dengan integrasi real footage dan animasi 2D, guna meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi sejarah. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Video diproduksi dalam format .mp4 dengan resolusi 1920x1080 dan frame rate 25 fps, kemudian didistribusikan melalui platform YouTube agar mudah diakses oleh guru dan siswa. Pengujian dilakukan melalui alpha testing dan beta testing yang melibatkan ahli media, guru, dan siswa. Hasil beta testing menunjukkan skor rata-rata sebesar 94,95 persen dari guru, dan 86,63 persen dari siswa. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa video edukasi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Video ini terbukti efektif dalam membantu guru menyampaikan materi dan memberikan pengalaman belajar yang menarik, imersif, dan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 509 Sejarah, perlakuan geografis, biografi 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 900 Sejarah dan Geografi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Fajar Mustofa |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:30 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27758 |