Pengembangan Desain Buku Tabungan Anak dengan Elemen Penyimpanan Uang Menggunakan Metode Kano dan Quality Function Deployment

Fitria, Aisyah (2025) Pengembangan Desain Buku Tabungan Anak dengan Elemen Penyimpanan Uang Menggunakan Metode Kano dan Quality Function Deployment. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I, Bab V] Text (Judul, Bab I, Bab V)
Judul, Bab I, Bab V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II, III, IV] Text (Bab II, III, IV)
Bab II, III, IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Rendahnya tingkat literasi finansial di Indonesia mendorong pentingnya edukasi keuangan sejak dini, khususnya pada anak-anak usia sekolah dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui media buku tabungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain buku tabungan anak yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki nilai edukatif dan interaktif, terutama dengan adanya fitur penyimpanan uang sementara. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kano untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna berdasarkan preferensi orang tua dan tenaga pendidik, serta Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan kebutuhan tersebut ke dalam spesifikasi teknis desain produk. Data dikumpulkan melalui diskusi pakar, wawancara, serta kuesioner yang disebarkan secara daring kepada responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur dengan prioritas tertinggi adalah penyimpanan uang sementara yang menjadi satu dengan sampul, diikuti oleh desain visual edukatif, penggunaan warna cerah, jenis huruf yang mudah dibaca, tata letak sederhana, kolom informatif dan kode QR buku edukasi finansial. Berdasarkan hasil analisis, dikembangkan tiga alternatif desain buku tabungan anak yang mempertimbangkan aspek visual, fungsional, dan edukatif. Diharapkan desain ini mampu meningkatkan minat anak untuk menabung dan memahami pengelolaan keuangan dasar melalui pengalaman langsung. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan produk edukatif, khususnya dalam konteks literasi finansial anak usia dini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 686 Produksi percetakan dan aktivitas terkait
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Rekayasa Cetak dan Grafis 3 Dimensi D4
User ID Pengunggah: aisyah fitria
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:15
Last Modified: 03 Jul 2025 01:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item
View Item