ANALISIS KUALITAS DAYA PHBTR DI BENGKEL DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER

2103311045, Syahrani Eka Putri (2024) ANALISIS KUALITAS DAYA PHBTR DI BENGKEL DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas TA & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas TA & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi TA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas daya pada Panel Hubung Bagi Tegangan Rendah (PHBTR) di bengkel distribusi tenaga listrik menggunakan Power Quality Analyzer. Kualitas daya listrik yang buruk dapat menyebabkan kerugian operasional dan kerusakan peralatan. Metode penelitian ini melibatkan pengukuran parameter kualitas daya seperti tegangan, arus, frekuensi, dan fluktuasi tegangan dengan melakukan perbandingan dengan standar. Data diambil selama periode tertentu untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas daya di lokasi penelitian. Hasil analisis menunjukkan nilai nominal tegangan dan nilai ketidakseimbangan tegangan serta frekuensi masih berada dalam standar. Sedangkan nilai ketidakseimbangan arus jauh diatas batas maksimal standar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengetahuan guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas daya yang baik untuk menjaga efisiensi dan keandalan sistem tenaga listrik. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan dan perbaikan sistem tenaga listrik yang lebih canggih dan efisien di masa depan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Syahrani Eka Putri
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:30
Last Modified: 02 Sep 2024 02:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item
View Item