RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KONDISI JATUH PADA LANSIA DI PANTI JOMPO MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID

2103332006, Nur Aini (2024) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KONDISI JATUH PADA LANSIA DI PANTI JOMPO MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf] Text
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL ILMIAH.pdf] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (385kB)

Abstrak

Lansia rentan terhadap masalah kesehatan seperti jatuh dan kambuhnya penyakit, karena kemunduran fisik seperti penglihatan, mobilitas, dan pendengaran. Pengawasan ketat sangat diperlukan, terutama di panti jompo yang mungkin kekurangan sumber daya dan tenaga pengasuh.. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi alat yang dapat mendeteksi kondisi jatuh pada lansia secara otomatis dan memberikan peringatan dini.Perancangan alat ini bertujuan untuk merancang dan merealisasikan alat pendeteksi kondisi jatuh pada lansia dengan menggunakan teknologi sensor suara KY-037 dan Pulse Sensor yang diintegrasikan dengan mikrokontroler ESP32. Alat ini dirancang untuk mengirim data secara real-time ke firebase realtime database dan memungkinkan pemantauan melalui aplikasi android. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sensor KY-037 mampu mendeteksi variasi intensitas suara dengan baik: suara lemah di antara 30-33 dB, suara sedang di antara 43-54 dB, dan suara keras di antara 70-74 dB. Pada pengujian suara keras, sensor secara konsisten memicu buzzer saat mendeteksi suara di atas 70 dB. Sementara itu, pulse sensor menunjukkan akurasi dalam memantau detak jantung, dengan hasil yang konsisten sesuai aktivitas fisik—berbaring antara 60-62 bpm, berjalan antara 63-66 bpm, dan berlari antara 70-71 bpm. Namun, tidak ada detak jantung yang mencapai 100 bpm, sehingga notifikasi tidak muncul di aplikasi android, sesuai perancangan. Alat ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap lansia di panti jompo dan mengurangi risiko kondisi berbahaya.

Kata Kunci : ESP32, KY-037, Pulse Sensor

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Nur Aini
Date Deposited: 03 Sep 2024 00:27
Last Modified: 03 Sep 2024 00:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item
View Item