PENGARUH INFORMASI INFLUENCER SAHAM, BIAS OVERCONFIDENCE, DAN KAMPANYE “#AKUINVESTORSAHAM” OLEH BURSA EFEK INDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z DI KOTA JAKARTA

2004441057, Yuni Puspitasari (2024) PENGARUH INFORMASI INFLUENCER SAHAM, BIAS OVERCONFIDENCE, DAN KAMPANYE “#AKUINVESTORSAHAM” OLEH BURSA EFEK INDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z DI KOTA JAKARTA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup - Yuni Puspitasari.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4 - Yuni Puspitasari.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (878kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip - Yuni Puspitasari.pdf

Download (210kB)

Abstrak

Pada era teknologi saat ini, terdapat fenomena investasi ilegal atau investasi bodong yang telah menyebabkan kerugian besar bagi para investor. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kerugian investasi telah mencapai Rp138,67 triliun. Generasi Z seringkali menjadi korban investasi bodong karena kurangnya perencanaan investasi yang terstruktur dan kesulitan finansial yang mereka hadapi. Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh informasi influencer Saham, bias overconfidence, dan kampanye #AkuInvestorSaham oleh Bursa Efek Indonesia terhadap keputusan investasi generasi Z di kota Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel influencer saham tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi generasi Z di kota Jakarta, sedangkan variabel bias overconfidence dan kampanye #AkuInvestorSaham berpengaruh terhadap keputusan investasi generasi Z di kota Jakarta. Namun, variabel influencer saham, bias overconfidence dan kampanye #AkuInvestorSaham secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan investasi generasi Z di kota Jakarta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Yuni Puspitasari
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:17
Last Modified: 03 Sep 2024 02:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item
View Item