PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN KARTU PEMBIAYAAN SYARIAH

2004411053, Jihan Alya Shafira (2024) PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN KARTU PEMBIAYAAN SYARIAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Jihan Alya Shafira_2004411053.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4] Text (Bab 2 - Bab 4)
Isi_Jihan Alya Shafira_2004411053.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Jihan Alya Shafira_2004411053.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (307kB)

Abstrak

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan yaitu dengan mayoritas masyarakat muslim di Indonesia yang mulai menerapkan prinsip syariah (halal lifestyle). Berdasaran hal tersebut seharusnya penggunaan kartu pembiayaan syariah dapat menjadi preferensi karena dengan berbagai keunggulan, fitur yang ditawarkan sesuai dengan prinsip syariah. Namun, hasil survei Katadata tahun 2023 justru menunjukkan bahwa dalam kegiatan berbelanja di e-commerce metode pembayaran kartu kredit paling tidak diminati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, citra merek, promosi terhadap keputusan generasi milenial dalam menggunakan kartu pembiayaan syariah. Jenis penelitian ini kuantitatif asosiatif dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan IBM Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 29.0. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan generasi milenial dengan metode purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Gaya hidup tidak mempengaruhi keputusan, (2) Citra merek mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan, (3) Promosi mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan dan (4) Gaya hidup, citra merek, promosi secara bersamaan memiliki pengaruh pada keputusan. Penelitian ini dapat memberikan masukan bagi bank syariah penerbit dan pengembangan strategi terutama dalam peningkatan kualitas produk dan layanan bank. Selain itu, dapat menambah wawasan para pembaca serta menjadi sumber referensi bagi peneliti selanjutnya.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Citra Merek, Promosi, Keputusan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Jihan Alya Shafira
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:24
Last Modified: 03 Sep 2024 04:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item
View Item