PENGEMBANGAN SISTEM KONTROL PENGGERAK REFLEKTOR OTOMATIS PADA PLTS BERBASIS IOT

2003411023, Islamy Ahmad (2024) PENGEMBANGAN SISTEM KONTROL PENGGERAK REFLEKTOR OTOMATIS PADA PLTS BERBASIS IOT. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, Daftar riwayat hidup dan Lampiran] Text (Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, Daftar riwayat hidup dan Lampiran)
Judul, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, Daftar riwayat hidup dan Lampiran - Islamy Ahmad.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2, Bab 3 dan Bab 4] Text (Bab 2, Bab 3 dan Bab 4)
Bab 2, Bab3 dan Bab4 - Islamy Ahmad.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan posisi reflektor terhadap arah datangnya cahaya matahari untuk panel surya melalui sistem kontrol otomatis. Sistem ini menggunakan sensor Luxmeter untuk pembacaan intensitas cahaya matahari dan sensor Real Time Clock (RTC) untuk pengaturan waktu, yang mengirimkan sinyal ke kontroler untuk menggerakkan motor aktuator linear DC. Motor aktuator linear DC menunjukkan stabilitas dan presisi pergerakan dengan tingkat akurasi 80,90%, menjadikannya andal untuk sistem ini. Sensor RTC terbukti memiliki tingkat akurasi waktu yang baik, dengan selisih waktu minimal yang disebabkan oleh proses upload program ke mikrokontroler. Sensor Luxmeter juga menunjukkan tingkat akurasi pembacaan yang tinggi dengan selisih antara 424 lux hingga 3774 lux dibandingkan alat ukur, menghasilkan persentase total akurasi sebesar 95,75%. Sistem ini memungkinkan pemantauan dan kontrol posisi reflektor secara manual dan otomatis melalui selektor, menggunakan push-button untuk mode manual dan untuk mode otomatis berdasarkan pembacaan waktu sensor RTC serta intensitas cahaya matahari dari luxmeter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kontrol otomasi reflektor ini dapat menggerakkan reflektor panel surya secara optimal dan konsisten dari sudut 80˚ hingga 150˚ terhadap panel surya, sehingga meningkatkan efisiensi penerimaan cahaya matahari. Kesimpulannya, sistem ini mampu memberikan solusi yang akurat dan konsisten untuk mengoptimalkan penggunaan energi matahari pada panel surya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Islamy Ahmad
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:59
Last Modified: 30 Aug 2024 06:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item
View Item