RANCANG BANGUN TRAINER KIT MIKROKONTROLER SEBAGAI PROTEKSI ARUS LEBIH dan TEGANGAN LEBIH

2103311050, Alvito Juliansyah (2024) RANCANG BANGUN TRAINER KIT MIKROKONTROLER SEBAGAI PROTEKSI ARUS LEBIH dan TEGANGAN LEBIH. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Tugas akhir ini berfokus pada perancangan dan pembuatan sebuah Trainer Kit berbasis mikrokontroler sebagai alat proteksi untuk arus lebih dan tegangan lebih. Dengan semakin meningkatnya penggunaan listrik dalam rumah tangga dan industri, kebutuhan akan sistem proteksi yang andal menjadi semakin penting. Relai arus lebih digunakan untuk melindungi peralatan dari lonjakan arus yang bisa terjadi akibat gangguan seperti hubungan singkat. Sementara itu, lonjakan tegangan yang melebihi toleransi peralatan juga bisa merusak sistem dan perangkat elektronik. Trainer Kit yang dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino dan dilengkapi dengan sensor arus ACS712 serta sensor tegangan ZMPT101B. Trainer Kit ini mampu mendeteksi gangguan arus lebih dan tegangan lebih serta memutus aliran listrik secara otomatis melalui relai. Alat ini juga dapat direset untuk penggunaan kembali setelah gangguan teratasi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menyediakan alat praktikum yang dapat membantu dalam pembelajaran tentang sistem proteksi listrik. Alat ini diharapkan dapat menjadi referensi dan dasar bagi pengembangan lebih lanjut di bidang proteksi listrik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Alvito Juliansyah
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:09
Last Modified: 27 Aug 2024 04:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item
View Item