Rancang Bangun Sistem Pakar Deteksi Dini Stunting Menggunakan Metode Certainty Factor

2007411002, Siti Yulianingsih (2024) Rancang Bangun Sistem Pakar Deteksi Dini Stunting Menggunakan Metode Certainty Factor. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
Halaman Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal - Siti Yulianingsih.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (928kB)
[thumbnail of halaman judul.pdf] Text
halaman judul.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi sistem pakar berbasis web guna mendeteksi stunting pada anak menggunakan metode certainty factor. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berasal dari tingginya angka prevalensi stunting di Indonesia yang belum mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan diagnosis yang akurat mengenai kondisi pertumbuhan anak dengan mengukur tingkat kepastian dari hasil diagnosis yang diberikan. Hasil pengujian sistem pakar menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki akurasi sebesar 91% berdasarkan evaluasi menggunakan confusion matrix dengan 11 data uji. Pengujian fungsionalitas aplikasi menggunakan metode blackbox testing menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik dengan persentase keberhasilan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi sistem pakar berbasis web ini dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu masyarakat mendeteksi dini risiko stunting pada anak, sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Indonesia.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: siti yulianingsih
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:43
Last Modified: 26 Aug 2024 03:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19356

Actions (login required)

View Item
View Item