PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL UNTUK RISTIANT CATERING

2006421020, Alvianty Djunaedi (2024) PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL UNTUK RISTIANT CATERING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1 & Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1 & Bab 5))
Identitas Skripsi (Bab 1 & Bab 5).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - 4)] Text (Isi (Bab 2 - 4))
Isi (Bab 2 - 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Industri katering mengalami peningkatan yang pesat seiring dengan permintaan masyarakat akan layanan penyedia makanan dalam skala besar untuk berbagai acara seperti pernikahan dan tasyakuran dikarenakan kondisi masyarakat yang membutuhkan penyajian makanan yang cepat, praktis dan siap dikonsumsi. Banyaknya bisnis serupa yang menyebabkan pelaku usaha katering terus melakukan inovasi dan strategi baik dalam segi pelayanan berkualitas, informatif, dan praktis. Salah satu bisnis katering di wilayah Sidoarjo adalah Ristiant Catering yang menyediakan beragam menu dengan harga bervariatif seperti nasi kotak hingga tumpeng jumbo. Ristiant Catering saat ini mengalami kesulitan dalam menjelaskan menu-menunya kepada konsumen yang memesan pasif dalam berpromosi di media sosial dikarenakan belum memiliki daftar menu yang menarik. Oleh karena itu, strategi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dengan perancangan marketing collateral. Metode perancangan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan design thinking yang terdiri dari tahap empathize (riset data), define (analisis data), ideate (proses desain), prototype (pembuatan dummy), dan test (uji coba produk). Hasil dari perancangan ini adalah membuat media utama katalog dan label kemasan disertai media pendukung poster ads, landing page dan highlight story Instagram. Konsep visual yang diterapkan mengacu pada key message dan tone and manner yang menampilkan visual homemade, warm dan sederhana, Desain diaplikasikan ke media cetak dengan material sementara untuk meninjau kesalahan, kemudian diujicobakan pada target audience untuk memperoleh pengalaman dan masukan dari target. Dapat disimpulkan perancangan marketing collateral dengan pendekatan design thinking sangat memudahkan perancang untuk memberi solusi terhadap permasalahan klien.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email alvianty.djunaedi.tgp20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 10:21
Last Modified: 23 Aug 2024 10:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item
View Item