DAMPAK MEDIA SOSIAL, PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO), DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI PENGGUNA INSTAGRAM DAN TIKTOK DI JABODETABEK

2004441053, Lutfiah Erika Rahman (2024) DAMPAK MEDIA SOSIAL, PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO), DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI PENGGUNA INSTAGRAM DAN TIKTOK DI JABODETABEK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5)] Text (Judul, Pendahuluan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5))
Judul, Pendahuluan (Bab1), dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d. Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d. Bab 4))
Isi (Bab 2 s.d. Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (849kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel_Lutfiah Erika Rahman.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (281kB)

Abstrak

Pada tahun 2024, jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan. Media sosial sebagai media komunikasi kini dijadikan sebagai media pemasaran yang dapat menimbulkan perilaku FoMO hingga dapat mengakibatkan pembelian impulsif dan dapat menimbulkan masalah keuangan seperti pemborosan. Pengetahuan tentang literasi keuangan penting untuk membantu mengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, perilaku FoMO, dan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram dan TikTok di Jabodetabek sebanyak 128 responden. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan secara parsial, media sosial dan perilaku FoMO tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Secara parsial, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Secara simultan, media sosial, perilaku FoMO, dan literasi keuangan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan pribadi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: LUTFIAH ERIKA RAHMAN
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19262

Actions (login required)

View Item
View Item