RANCANG BANGUN SISTEM GPS TRACKING BERBASIS RADIO AMATIR HANDY TALKY PADA PERKEBUNAN SAWIT

2007421030, Firmansyah Helmi Kurniawan (2024) RANCANG BANGUN SISTEM GPS TRACKING BERBASIS RADIO AMATIR HANDY TALKY PADA PERKEBUNAN SAWIT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd 4)] Text (Isi (Bab 2 sd 4))
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of MULTINETICS - Firmansyah Helmi Kurniawan] Text (MULTINETICS - Firmansyah Helmi Kurniawan)
MULTINETICS - Firmansyah Helmi Kurniawan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (649kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pelacakan GPS berbasis radio amatir Handy Talky (HT) yang diterapkan pada perkebunan sawit. Sistem ini menggunakan mikrokontroler Raspberry Pi dengan sensor GPS Ublox Neo 8M untuk mengakuisisi data geospasial. Data tersebut dikirim melalui transmisi suara yang dimodulasi menggunakan soundcard dan kabel AUX, kemudian ditransmisikan melalui radio HT. Data yang diterima disimpan dalam basis data MySQL dan divisualisasikan melalui dashboard website menggunakan framework Laravel untuk monitoring real-time. Hasil analisis Quality of Service (QoS) menunjukkan bahwa sistem ini memiliki rata-rata delay sebesar 9 detik, throughput 1 paket per detik, dan packet loss sebesar 11.28%. Pengujian fungsionalitas menunjukkan kecepatan maksimum 18.65 km/jam, kecepatan minimum 0.02 km/jam, dan kecepatan rata-rata 5.26 km/jam, dengan tingkat keberhasilan pengiriman data sebesar 88.72%. Komparasi antara sensor GPS Ublox Neo 8 dan GPS Google menunjukkan akurasi yang baik dengan perbedaan rata-rata sekitar 10 meter dalam hal jarak dan ketinggian. Nilai Horizontal Dilution of Precision (HDOP) berkisar antara 0.8 hingga 1.2, menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi. Namun, nilai Signal to Noise Ratio (SNR) rata-rata sebesar 18.75 dB menunjukkan kualitas sinyal yang masih rendah. Prediksi dari Radio Frequency Planner sesuai dengan kondisi di lapangan dan sangat berguna dalam menyusun strategi penempatan antena dan peralatan lainnya untuk optimalisasi jaringan komunikasi di area yang luas. Penelitian ini memberikan solusi efektif untuk pemantauan posisi kendaraan operasional di perkebunan sawit, serta meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Firmansyah Helmi Kurniawan
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:36
Last Modified: 16 Aug 2024 03:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item
View Item