RANCANG BANGUN PROTOTYPE GPS TRACKER PADA BUS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MENGGUNAKAN GSM SIM808 BERBASIS IOT

2003332006, Regitta Octavia Siswono (2023) RANCANG BANGUN PROTOTYPE GPS TRACKER PADA BUS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MENGGUNAKAN GSM SIM808 BERBASIS IOT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Tugas Akhir] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Tugas Akhir)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (657kB)

Abstrak

Bus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menempuh rute yang cukup panjang dari lapangan PNJ hingga menuju halte Universitas Indonesia (UI). Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan bus untuk kembali ke PNJ tidak bisa diprediksi. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sistem GPS tracker menggunakan modul SIM808 yang terintegrasi dengan database thingspeak agar memudahkan mahasiswa dan pekerja Politeknik Negeri Jakarta mengetahui posisi bus. Antenna GPS pada modul SIM808 akan diletakkan diatas bus sehingga dimanapun bus berada akan terdeteksi. Antenna GPS akan menerima data-data dari satelit dan data tersebut dikirimkan ke mikrokontroler ESP32. Mikrokontroler ESP32 mengambil data posisi seperti koordinat lintang, bujur serta kecepatan. Selanjutnya, mikrokontroler ESP32 akan mengirimkan data-data dari satelit ke thingspeak menggunakan modul GSM yang terdapat pada SIM808 dimana didalamnya terpasang kartu SIM Telkomsel IoT dan posisi bus dapat dilihat pada aplikasi android. LED hijau akan menyala apabila antenna GPS mendapatkan sinyal dari satelit sebaliknya apabila antenna GPS tidak mendapatkan sinyal dari satelit LED berwarna merah akan menyala. LCD akan menampilkan lokasi halte yang sedang dilewati oleh bus. Modul DFPlayer memberikan informasi lokasi terkait nama halte melalui speaker. Pengiriman data koordinat posisi bus dengan modul GSM pada SIM808 membutuhkan waktu ± 15 sampai 30 detik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Regitta Octavia Siswono
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:10
Last Modified: 28 Aug 2023 06:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14134

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item