PENGAPLIKASIAN INVERTER UNTUK POMPA AIR PEMADAM KEBAKARAN PADA PERMUKIMAN PADAT PENDUDUK

203321072, Christian Gabriel Bintang Hatorangan Silaen (2023) PENGAPLIKASIAN INVERTER UNTUK POMPA AIR PEMADAM KEBAKARAN PADA PERMUKIMAN PADAT PENDUDUK. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Laporan TA BAB Awalan Lengkap Keseluruhan_Christian Gabriel_EC 6C.pdf] Text
Laporan TA BAB Awalan Lengkap Keseluruhan_Christian Gabriel_EC 6C.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Laporan TA BAB 2-4 Lengkap_Christian Gabriel_EC 6C.pdf] Text
Laporan TA BAB 2-4 Lengkap_Christian Gabriel_EC 6C.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal_Christian Gabriel_Ec 6C.pdf] Text
Jurnal_Christian Gabriel_Ec 6C.pdf

Download (396kB)

Abstrak

Dalam banyak kasus kebakaran, tim pemadam terlambat tiba di lokasi pemadaman karena terhalang akses jalan yang sempit. Saat kebakaran, sumber listrik AC PLN di sekitar lokasi kebakaran akan dipadamkan, sehingga proses pemadaman menjadi terhambat. Menyadari hal tersebut, penulis ingin mengembangkan inovasi yaitu mengaplikasikan inverter untuk menjadikan pompa air pemadam kebakaran sementara yang portable dengan sumber listrik dari baterai aki. Inverter adalah suatu perangkat elektronika yang digunakan untuk mengkonversi tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak balik (AC) dengan frekuensi tertentu. Kualitas inverter secara umum ditentukan oleh gelombang keluarannya, apabila bentuk gelombang keluarannya mendekati gelombang sinusoidal murni maka kualitas tegangannya semakin baik. Tipe inverter yang digunakan adalah Taffware NBQ 100W dengan daya hingga 1000W dan bentuk gelombang pure sine wave, Sistem keseluruhan alat dilengkapi dengan mikrokontroler Arduino yang berfungsi mengolah data sensor untuk sistem proteksi aki dan mengukur parameter listrik inverter, setelah itu nilai pengukuran akan ditampilkan pada lcd display. Pengukuran parameter listrik menggunakan rangkaian pembagi tegangan dan Sensor PZEM 004T. Tegangan keluaran inverter yang dihasilkan sebesar 220V 50Hz. Tegangan sumber inverter akan berpengaruh terhadap daya keluaran yang dihasilkan, sehingga dapat dikatakan tegangan aki akan mempengaruhi kinerja jangkauan jarak tembak pompa air. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan inverter berhasil merubah tegangan 12VDC menjadi 220VAC , saat kondisi tegangan aki penuh yaitu 13V pompa air dapat menembak sejauh 30cm, sedangkan saat tegangan terendah yaitu 11V jarak tembak pompa air hanya sebesar 20cm.

Kata kunci: Kebakaran, permukiman padat, inverter, pure sine wave, arus, tegangan, efisiensi daya, pompa air, aki.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Christian Silaen
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:55
Last Modified: 28 Aug 2023 00:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item
View Item