ANALISIS PERFORMASI JARINGAN MENGGUNAKAN METODE QoS DAN RMA PADA PEMERINTAH KOTA DEPOK

1907422013, NAFFIKRI INDRIARNO (2023) ANALISIS PERFORMASI JARINGAN MENGGUNAKAN METODE QoS DAN RMA PADA PEMERINTAH KOTA DEPOK. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB5,LAMPIRAN] Text (COVER,BAB1,BAB5,LAMPIRAN)
SKRIPSI-NAFFIKRI INDRIARNO(1907422013)-COVER,BAB1,BAB5,LAMPIRAN.pdf

Download (30MB)
[thumbnail of BAB 2-4] Text (BAB 2-4)
SKRIPSI-NAFFIKRI INDRIARNO(1907422013)-BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
JURNAL-NAFFIKRI-INDRIARNO(1907422013).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (893kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performasi jaringan di kantor pemerintah Kota Depok dengan menggunakan metode Quality of Service (QoS) dan Reliability, Maintainability, dan Availability (RMA). Fokus utama adalah meningkatkan keandalan dari infrastruktur jaringan yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pengukuran kinerja jaringan akan dilakukan untuk memastikan layanan data berjalan sesuai dengan standar QoS yang ditetapkan. Parameter seperti throughput, packet loss, dan delay akan dievaluasi untuk memastikan kualitas layanan yang optimal. Selanjutnya, analisis RMA akan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab gangguan dan downtime jaringan. Hasil dari analisis ini akan membantu dalam menyusun langkah-langkah perbaikan dan pemeliharaan yang efektif, sehingga ketersediaan jaringan dapat ditingkatkan dan risiko kerusakan dapat diminimalkan. Metode penelitian akan melibatkan pengumpulan data dari pengukuran kinerja jaringan dan analisis dokumen yang relevan. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan pelayanan publik di kantor pemerintah Kota Depok dapat berjalan lebih efisien dan andal, mendukung tujuan pemerintah dalam memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat. Hasil dari analisis QoS didapatkan jaringan internet pada access point sudah memenuhi standar TIPHON dengan nilai indeks kategori 3 yaitu bagus, untuk hasil coverage area sinyal wifi hanya 3 lantai yang tidak mendapatkan jaringan yang sempurna. serta hasil RMA juga mendapatkan persentase dari tingkat availability dengan nilai 68,42%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: naffikri indriarno
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:24
Last Modified: 23 Aug 2023 07:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item
View Item