PERANCANGAN ULANG KEMASAN BATIK HAFIYAN

1906421004, Muhammad Syihan Pratama (2023) PERANCANGAN ULANG KEMASAN BATIK HAFIYAN. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
01 Halaman Identitas Skripsi Muhammad Syihan Pratama DG8A 1906421004 (dengan watermark).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Landasan Perancangan sampai Hasil Pembahasan] Text (Landasan Perancangan sampai Hasil Pembahasan)
02 Isi Skripsi Muhammad Syihan Pratama DG8A 1906421004 (dengan watermark).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Semakin banyak pesaing Batik Hafiyan yang muncul dengan kemasan yang semakin menarik. Melihat perkembangan ini, Batik Hafiyan melihat perlunya membangun citra brand Batik Hafiyan sebagai produsen batik mega mendung, salah satunya melalui desain kemasan. Saat ini, desain kemasannya masih terbilang kurang unik dan kurang mencerminkan citra Batik Hafiyannya sendiri. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan ini yakni menjelaskan proses perancangan visual yang melibatkan elemen dan prinsip desain grafis pada perancangan kemasan Batik Hafiyan agar dapat menampilkan citra merknya dan meningkatkan value branding Batik Hafiyan sebagai produsen batik mega mendung sehingga dapat terus bersaing dan unggul di tengah persaingan dagang batik khas Cirebon. Metode yang digunakan pada perancangan ulang kemasan Batik Hafiyan ini adalah metode kualitatif dengan penjabaran hasil dengan bentuk deskriptif. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mendapatkan strategi berupa arahan kreatif terkait perancangan ulang kemasan Batik Hafiyan yang baik dan benar. Proses perancangan ulang kemasan Batik Hafiyan dimulai dari penggalian ide menggunakan mindmapping konsep yang kemudian akan dijabarkan dalam pemetaan moodboard sehingga menghasilkan konsep visual. Tahap selanjutnya adalah pembuatan sketsa kasar atau thumbnail dari konsep visual yang telah didapat pada proses penggalian ide, dilanjut dengan pembuatan lima sketsa halus dari sketsa kasar terpilih, lalu pembuatan tiga desain komprehensif dari sketsa halus terpilih. Dari tiga desain komprehensif akan dipilih satu desain utama yang akan digunakan sebagai hasil akhir perancangan kemasan Batik Hafiyan. Tahap terakhir adalah membuat media pendukung dari desain utama untuk melihat keselarasan desain visual. Dengan demikian, dihasilkan rancangan ulang kemasan Batik Hafiyan yang menerapkan visual motif batik mega mendung dengan gaya visual line art, tipografi sans serif, serta palet warna langit biru yang dapat memberikan kesan yang simpel, modern dan elegan sebagai kemasan produk batik khas Cirebon.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Ds Muhammad Syihan Pratama
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:26
Last Modified: 04 Aug 2023 09:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item
View Item