RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA MULTIMEDIA SYSTEM UNTUK EVENT OLEH PT INESHA CREATIVE MEDIA

Saharani Agnes, Erika and Ramadhan, Itsnain and Fortunela Rumahorbo, Natasha (2023) RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA MULTIMEDIA SYSTEM UNTUK EVENT OLEH PT INESHA CREATIVE MEDIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup)
Bab 1,2,7.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Bab Isi] Text (Bab Isi)
Bab 3,4,5,6 (BP PT Inesha Creative Media).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

PT Inesha Creative Media merupakan perusahaan yang bergerak dalam
bidang jasa penyedia alat multimedia yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan
event dari skala event kecil hingga event medium. Nama PT Inesha Creative Media
itu sendiri diambil dari ketiga nama pendiri perusahaan dan digabungkan dengan
kata creative dan media yang masing-masing dari kata tersebut mencerminkan
lapangan kerja dan cara bekerja dari PT Inesha Creative Media yang dituntut untuk
menjadi kreatif tiap saatnya. Perusahaan akan segera memulai pra operasional pada
September 2022 dan akan memulai kegiatan operasional pada Februari 2023.
Adapun yang menjadi produk dari perusahaan ini adalah Full Package Mini
Event dan Full Package Medium Event. Adapun yang dimaksud dari Full Package
Mini Event merupakan paket multimedia yang dapat dipakai untuk
penyelenggaraan event dengan skala event kecil yang diperkirakan event tersebut
menggunakan venue seluas hingga 250 meter persegi. Sedangkan untuk Paket Full
Package Medium Event merupakan paket multimedia yang dipakai untuk venue
dengan luas hingga 700 meter persegi. Paket ini terdiri dari paket live streaming,
paket lighting dan paket sound system yang sesuai dengan masing-masing
penyelenggaraan event dengan dilengkapi manpower yang mendukung untuk
membantu mengoperasikan masing-masing alat dari paket tersebut. Antara Full
Package Mini Event dan Full Package Medium Event tentunya terdapat beberapa
item yang menjadi pembeda yang diperkirakan dibutuhkan untuk masing-masing penyelenggaraan event berdasarkan survey yang dilakukan kepada pasar.
Perusahaan mengeluarkan paket ini berdasarkan kebutuhan pasar yang belum
terpenuhi, yaitu paket live streaming, paket lighting dan paket sound system yang
dijadikan satu tanpa harus berbeda vendor.
Survey yang telah dilakukan oleh PT Inesha Creative Media memberikan
hasil yang membuat perusahaan optimis untuk berjalan dalam bidang penyedia jasa
paket multimedia. Selama periode 2017 hingga 2022 di semester awal terdapat
beberapa peningkatan penyelenggaraan event, dan dari peningkatan tersebut,
terdapat kebutuhan pengadaan penyedia jasa paket multimedia yang juga terus
meningkat. Dari hasil survey, dikatakan bahwa para organizer mengaku
membutuhkan pengadaan penyedia jasa multimedia sebanyak 97% untuk setiap
event yang diselenggarakan.
Rencana usaha PT Inesha Creative Media ini telah diperhitungkan
sedemikian rupa mulai dari proses pra operasional hingga masa operasional
perusahaan, bahkan hingga telah diproyeksikan selama beberapa tahun kedepan.
Untuk menjalankan perusahaan, PT Inesha Creative Media memerlukan dana
sebesar Rp 385,250,000 (tiga ratus delapan puluh lima juta dua ratus lima puluh
ribu rupiah) untuk memenuhi kebutuhan awal yang menjadi modal perusahaan.
Modal ini terkumpul dari para komisaris dan para pendiri perusahaan dengan
persentase total komisaris sebesar 51.91% dan dari para pendiri perusahaan
sebanyak 48.09%.
Dari analisa keuangan yang dibuat oleh PT Inesha Creative Media,
diketahui bahwa memang pada awal tahun pendirian perusahaan mengalami ketidakstabilan keuangan. Akan tetapi setelah melewati masa tersebut, keuangan
perusahaan meningkat dan menghasilkan laba yang cukup besar. Melalui
perhitungan Rate of Investment (ROI) yang didapatkan dari Net Present Value
(NPV) sebesar Rp 649,754,011, Profitability Index (PI) sebesar 2.687, Internal Rate
of Return (IRR) sebesar 63.35%, bahwa persentase perusahaan pada 2023 sebesar -
52.26%, 2024 sebesar 25.83%, 2025 sebesar 84.45%,. Maka, jika ditotalkan, ROI
dari PT Inesha Creative Media selama 3 tahun adalah sebesar 58.02%

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 790 Rekreasi dan seni pertunjukan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Itsnain Ramadhan
Date Deposited: 05 Jan 2023 05:18
Last Modified: 05 Jan 2023 05:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9922

Actions (login required)

View Item
View Item