RANCANGAN USAHA BISNIS CORPORATE EVENT ORGANIZER OLEH PT INVAYO BUANA KREATIVA

1805413005, Arivatul Isnaini and 1805413017, Inggrid Ester Carolina Sihombing and 1805413053, Yoice Milenia Gabriela Siregar (2022) RANCANGAN USAHA BISNIS CORPORATE EVENT ORGANIZER OLEH PT INVAYO BUANA KREATIVA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

PT Invayo Buana Kreativa merupakan perusahaan yang bergerak bidang corporate event organizer. Perusahaan didirikan pada tahun 2022 dan mulai beroperasional secara resmi dengan melakukan aktivitas penjualan pada bulan Januari tahun 2023 dengan modal awal sebesar Rp 300,000,000 (tiga ratus juta rupiah) yang berasal dari investasi 3 (tiga) orang pendiri perusahaan dan satu orang investor, yaitu Ahmad Rivai sebagai Komisaris sebesar Rp 105,000,000 (35%), Inggrid Ester Carolina Sihombing sebagai Direktur Utama sebesar Rp 75,000,000 (25%), Yoice Milenia Gabriela Siregar sebagai Direktur Pemasaran sebesar Rp 60,000,000 (20%), dan Arivatul Isnaini sebagai Direktur Keuangan sebesar Rp 60,000,000 (20%).

Perusahaan ini didirikan mengikuti hukum yang telah ditentukan dengan memenuhi kebutuhan para calon perusahaan yang membutuhkan product launching dan corporate awarding maka dari itu PT Invayo Buana Kreativa wajib membantu dalam sisi penyelenggaraan kegiatan product launching dan corporate awarding merupakan kegiatan yang biasa dijalankan oleh perusahaan. PT Invayo Buana Kreativa memiliki 2 (dua) produk utama dan 1 (satu) produk pendukung. Produk utama diantaranya product launching dan corporate awarding dengan jenis penyelenggaraan secara offline dan hybrid. Sedangkan untuk produk pendukung yaitu, produksi merchandise dengan jenis paket silver, gold, dan platinum.
Target pasar perusahaan ini adalah perusahaan di Jabodetabek yang bergerak di bidang keuangan, makanan dan minuman, produk kecantikan atau kosmetik, dan juga start up. Kami memilih wilayah tersebut dikarenakan frekuensi penyelenggaraan dan kebutuhan perusahaan yang menyelenggarakan product launching dan corporate awarding paling tinggi terdapat di wilayah Jabodetabek, terutama pada wilayah Jakarta. Dalam strategi pemasaran menggunakan 7P untuk memasarkan produk yang akan dipromosikan, adapun 7P yaitu, product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

PT Invayo Buana Kreativa melakukan analisis dengan riset yang dilakukan terkait karakteristik pasar dan tren penyelenggaraan kegiatan corporate event terhadap
14 responden yang mewakili satu instansi menunjukkan bahwa perusahaan melakukan kegiatan product launching dan corporate awarding minimal dua kali dalam setahun, dan 16% diantaranya belum menggunakan jasa corporate event organizer dalam mengadakan penyelenggaraan kegiatan. Berdasarkan analisis terkait, PT Invayo Buana Kreativa memutuskan diferensiasi dengan adanya social media management atau e- marketing terhadap penyelenggaraan dan publikasi kegiatan.

PT Invayo Buana Kreativa melakukan analisis studi kelayakan bisnis dengan diawali menghitung beban-beban perusahaan hingga beban penjualan, arus kas, laba rugi, neraca keuangan, perubahan ekuitas, payback period, net present value, internal rate of return hingga profitability index. Dari perhitungan tersebut diperoleh hasil bahwa PT Invayo Buana Kreativa membutuhkan waktu 5 tahun 6 bulan 11 hari untuk mencapai payback period. Pada perhitungan net present value diperoleh sebesar Rp 68.372.753 hal tersebut menunjukkan nilai net present value > 1, yang artinya PT Invayo Buana Kreativa layak untuk dijalankan. Dari segi perhitungan analisis internal rate of of return diperoleh nilai 85% yang mana persentasenya lebih tinggi dibandingkan suku bunga kredit bank terendah yaitu 3.25%. Lalu return of investment yang diperoleh para pemegang saham mencapai 182%. Hal tersebut menunjukkan bahwa PT Invayo Buana Kreativa dapat memberikan profit yang baik kepada perusahaan dan para pemegang saham. Nilai profitability index yang diperoleh pun berada pada angka 2.2 yang menunjukkan perusahaan layak dijalankan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa PT Invayo Buana Kreativa telah memenuhi syarat kelayakan usaha serta berdaya saing dengan kompetitor lain.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Arivatul Isnaini
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:13
Last Modified: 09 Dec 2022 04:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item
View Item