ANALISIS PENGARUH MINAT PENGGUNA FITUR PAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE

1804421034, Diditya Anugrah Panjalu (2022) ANALISIS PENGARUH MINAT PENGGUNA FITUR PAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Diditya Anugrah Panjalu] Text (Halaman Identitas Skripsi_Diditya Anugrah Panjalu)
skripsi judul_merged.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4_Diditya Anugrah Panjalu] Text (BAB 2 s/d BAB 4_Diditya Anugrah Panjalu)
skripsi bab 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip_Diditya Anugrah Panjalu] Text (Manuskrip_Diditya Anugrah Panjalu)
jurnal-pages-1.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (140kB)

Abstrak

Shopee PayLater adalah alternatif pembayaran baru dalam bentuk pinjaman online yang disediakan oleh platform Shopee dengan menggandeng PT Lentera Dana Nusantara. Shopee PayLater dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi Shopee untuk bertransaksi pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat pengguna fitur paylater pada aplikasi Shopee di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna Shopee PayLater, yang selanjutnya diukur dengan skala likert serta pengujian statistik dengan model analisis regresi berganda. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kemudahan, pendapatan, dan hedonic motivations secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Shopee PayLater, sedangkan suku bunga tidak berpengaruh. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa faktor kemudahan, pendapatan, suku bunga, dan hedonic motivations berpengaruh terhadap minat pengguna fitur PayLater pada fitur Shopee PayLater. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Shopee sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengembangan layanan sehingga dapat mempertahankan para pengguna untuk tetap menggunakan Shopee PayLater sebagai metode pembayaran.
Kata kunci: PayLater, Shopee PayLater, hedonic motivations.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: D4 Diditya Anugrah Panjalu
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:39
Last Modified: 05 Sep 2022 04:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item
View Item