ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH (STUDI KASUS PADA PT BANK DKI)

1804421033, Singgih Dwi Artanto (2022) ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH (STUDI KASUS PADA PT BANK DKI). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Pembukaan dan Penutup] Text (Identitas Skripsi, Pembukaan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi (BAB 2 s.d. BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (530kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (11kB)

Abstrak

Kinerja dan kesehatan bank sangat ditentukan dengan NPL. Kredit yang dinilai sebagai kredit Non Performing Loan (NPL) adalah mulai dari kredit kurang lancar, kredit diragukan, dan kredit macet. NPL PT Bank DKI dari tahun 2017 sampai tahun 2021 dapat dikatakan stabil karena penurunan dan kenaikan yang terjadi tidak signifikan. Kebijakan penyelesaian kredit merupakan salah satu penentu angka NPL PT Bank DKI. Berpedoman kepada SE BI No. 26/4/BPPP tahun 1993 mengatur penyelesaian kredit bermasalah secara penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), dan penataan kembali (restructuring). Dalam hal ini peneliti ingin melihat penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan oleh PT Bank DKI dengan melalukan analisis terhadap penyelesaian kredit pada PT Bank DKI. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan melakukan teknik wawancara terhadap informan dan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kasuistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kebijakan rescheduling PT Bank DKI memberikan perpanjangan waktu tenor kepada debitur hingga 1 tahun mendatang. Dan untuk kebijakan restructuring PT Bank DKI dapat menyesuaikan kemampuan debitur dalam pembayaran kredit. Sedangkan, kebijakan reconditioning berupa perubahan persyaratan yang berupa penambahan atau suntikan dana belum pernah dilakukan oleh PT Bank DKI karena tidak ada dalam SOP penyelesaian kredit.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Singgih Dwi Artanto
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:37
Last Modified: 05 Sep 2022 04:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item
View Item