PENGARUH PENGETAHUAN RIBA, MOTIVASI KONSUMEN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PAYLATER SEBAGAI METODE PEMBAYARAN DI MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Muslim Pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek)

1804411031, Tanisha Sudarta Bachtiar (2022) PENGARUH PENGETAHUAN RIBA, MOTIVASI KONSUMEN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PAYLATER SEBAGAI METODE PEMBAYARAN DI MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Muslim Pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Tanisha Sudarta B_Skripsi] Text (Tanisha Sudarta B_Skripsi)
Tanisha Sudarta B_Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Tanisha Sudarta B_Bab 2 s.d. Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Tanisha Sudarta B_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (190kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan riba, motivasi konsumen dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan PayLater. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi milenial muslim pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengetahuan riba, motivasi konsumen dan gaya hidup terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater. Secara parsial variabel pengetahuan riba tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater, variabel motivasi konsumen terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater dan variabel gaya hidup terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi generasi milenial muslim khususnya dalam melakukan keputusan penggunaan PayLater sebagai metode pembayaran guna sesuai dengan prinsip Islam.

Kata Kunci: Pengetahuan Riba, Motivasi Konsumen, Gaya Hidup, PayLater, Ekonomi Islam

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email tanisha.sudartabachtiar.ak18@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:10
Last Modified: 07 Sep 2022 04:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item
View Item