Pembuatan Aset 2D & Animasi 2D Penjelasan Materi Pada Game Edukasi 3D “MathRoom” Sebagai Media Pembelajaran Bilangan Pecahan Matematika Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

1807433023, Novitha Isabellina (2022) Pembuatan Aset 2D & Animasi 2D Penjelasan Materi Pada Game Edukasi 3D “MathRoom” Sebagai Media Pembelajaran Bilangan Pecahan Matematika Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

COVID-19 membuat aktifitas semua orang terbatas terutama kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan di rumah. Dibutuhkan media pembelajaran interaktif sebagai sarana pembelajaran online selama masa COVID-19, pembelajaran online membuat guru semakin sulit untuk fokus pada siswa dari awal pelajaran hingga akhir. Game edukasi merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk menunjang minat belajar siswa, terutama pelajaran matematika yang selalu dianggap sulit. Game edukasi 3D MathRoom ini memiliki soal-soal yang berbentuk riddle serta terdapat animasi 2D yang memudahkan guru untuk memaparkan materi dan mudah diakses serta game ini dapat menarik minat para siswa untuk memahami setiap materi. Metode penelitian yang digunakan saat melakukan proses pembuatan aset dan animasi 2D penjelasan soal adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dengan menggunakan Adobe Illustrator untuk proses pembuatan aset 2D dan Adobe After Effect serta Adobe Premiere Pro yang digunakan untuk proses pembuatan animasi 2D. Setelah game ini dibuat dan dilakukan uji coba mendapatkan hasil persentase 75% dari 40 responden yang merupakan siswa kelas 5 Sekolah Dasar mengatakan bahwa game edukasi 3D MathRoom dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk mempelajari materi bilangan pecahan dan 100% dari 40 responden mengatakan bahwa animasi 2D yang terdapat pada game edukasi 3D MathRoom ini dapat membantu siswa memahami materi bilangan pecahan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Kom. NOVITHA ISABELLINA
Date Deposited: 02 Sep 2022 09:58
Last Modified: 02 Sep 2022 09:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item
View Item