Variabel Yang Menentukan Keputusan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Platform Digital Bukalapak

180441107, Isnalia Adrin (2022) Variabel Yang Menentukan Keputusan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Platform Digital Bukalapak. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab I) dan Penutup (Bab V).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Abstrak Artikel Isnalia Adrin.pdf] Text
Abstrak Artikel Isnalia Adrin.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (159kB) | Request a copy

Abstrak

Pentingnya digitalisasi zakat, selain dapat menjangkau banyak muzakki dalam pengumpulan dana zakat juga diharapkan bisa lebih banyak masyarakat yang menerima penyaluran dana zakat tersebut. Faktanya masih sedikit sekali masyarakat yang mengetahui dan menggunakan platform digital tersebut sebagai sarana pembayaran zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan, kemudahan terhadap keputusan masyarakat dalam membayar zakat melalui platform digital Bukalapak. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Populasinya adalah masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek dengan sampel non-probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan pengguna e-commerce Bukalapak. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikansi pada variabel brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan dan kemudahan terhadap keputusan muzakki membayar zakat. Artinya semakin tinggi pemahaman masyarakat terhadap variabel brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan dan kemudahan maka akan mempengaruhi tingkat keputusan masyarakat dalam membayar zakat melalui platform digital Bukalapak.

Kata kunci: Zakat, Brand Awereness, Pengetahuan Teknologi, Kepercayaan, Pengaruh Iklan, Kemudahan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Isnalia Adrin
Date Deposited: 06 Sep 2022 09:15
Last Modified: 06 Sep 2022 09:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item
View Item