ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERILAKU KEUANGAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI OLEH GENERASI MILLENNIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Generasi Millennial Usia 21-40 Tahun di 2022)

1804441006, Julian Surya Ananda (2022) ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERILAKU KEUANGAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI OLEH GENERASI MILLENNIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Generasi Millennial Usia 21-40 Tahun di 2022). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPandahuluanDanPenutup.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (188kB)

Abstrak

Pada tahun 2022 jumlah investor di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat dari tahun-tahun sebelumnya, peningkatan tersebut didominasi oleh generasi millennial yang terus menunjukkan ketertarikan pada bidang pasar modal sehingga menyebabkan terobosan digitalisasi pasar modal makin berkembang. Melalui penambahan jumlah investor memberikan kepercayaan kembali agar dapat memulihkan perekonomian dari adanya dampak pandemi Covid-19. Melalui kerja sama pemerintah dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dilakukan agar mencapai kestabilan ekonomi telah diupayakan dengan menerbitkan regulasi untuk meningkatkan minat investor domestik. Pengambilan keputusan berinvestasi salah satunya dapat digambarkan dengan literasi dan perencanaan keuangan yang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam penelitian ini bertujuan agar mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan, dan motivasi terhadap keputusan investasi oleh generasi millennial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang diuji melalui uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis melalui aplikasi software IBM SPSS Statistics 25. Sumber data diperoleh dari data primer dengan sampel 120 responden yang berusia 21-40 tahun pada 2022 diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online, selain itu juga memperoleh data sekunder yang didapat dari kajian teoritis. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel literasi keuangan, perilaku keuangan, dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Julian Surya Ananda
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:48
Last Modified: 05 Sep 2022 06:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item
View Item