PENGARUH HABIT DAN TRUST DALAM MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA PEMBELANJAAN ONLINE (STUDI KASUS PADA APLIKASI SHOPEE)

1804421003, Ardianti Nurinda Aprillia (2022) PENGARUH HABIT DAN TRUST DALAM MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA PEMBELANJAAN ONLINE (STUDI KASUS PADA APLIKASI SHOPEE). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I & V] Text (BAB I & V)
Ardianti Nurinda Aprillia - Bab 1&5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II, III & IV] Text (BAB II, III & IV)
Ardianti Nurinda Aprillia - Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Ardianti Nurinda Aprillia - Abstrak Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (193kB)

Abstrak

Perkembangan zaman menciptakan berbagai teknologi informasi yang sangat canggih. Salah satunya adalah metode pembayaran yang kini sudah bisa non tunai atau Cashless. ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang digunakan sebagai metode pembayaran non tunai pada aplikasi Shopee. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor Habit dan Trust dapat mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan ShopeePay pada pembelanjaan Online. Pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner secara daring dan telah memperoleh 100 responden. Dengan kriteria responden yang dibutuhkan adalah pengguna dompet digital dalam berbelanja Online, berdomisili di DKI Jakarta, berusia minimal 17 tahun hingga lebih dari 45 tahun. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Diperoleh hasil bahwa faktor Habit dan Trust berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay pada pembelanjaan Online. Konsumen terbiasa menggunakan ShopeePay karena rutinitas belanja online yang cenderung sering. Dan Konsumen mempercayai ShopeePay dapat menjaga reputasi, memiliki kualitas website yang baik dan menjadi perusahaan yang kompeten dan jujur. Berdasarkan karakteristik usia, penelitian ini didominasi oleh pengguna 17-22 tahun yang merupakan gen Z. Gen Z merupakan generasi yang lahir dengan teknologi yang sudah berkembang sehingga sudah terbiasa dengan transaksi secara Online.
Kata-Kata Kunci: Belanja Online, Minat Menggunakan, ShopeePay

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Ardianti Nurinda Aprillia
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:39
Last Modified: 01 Sep 2022 02:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8184

Actions (login required)

View Item
View Item