Pengaruh Perceived Benefit dan Habit terhadap Minat Menggunakan QRIS

1804421035, Nelza Chania (2022) Pengaruh Perceived Benefit dan Habit terhadap Minat Menggunakan QRIS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Nelza Chania_1804421035 (Identitas, Bab 1, dan Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Nelza Chania_1804421035 (Bab 2-Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (868kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Nelza Chania_1804421035 (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (115kB)

Abstrak

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini mendorong terciptanya penemuan baru berupa alat pembayaran cashless yang semakin canggih. Di Indonesia, sistem pembayaran cashless semakin berkembang dengan diluncurkannya sistem pembayaran kode QR berstandar nasional yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Tujuan dari peluncuran QRIS adalah untuk mempermudah dan mempercepat dalam perubahan pembayaran digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor perceived benefit dan habit terhadap minat menggunakan QRIS. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan kepada pengguna QRIS di DKI Jakarta yang berusia 10 tahun hingga 25 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived benefit dan habit secara parsial maupun simultan memengaruhi minat menggunakan QRIS. Semakin pengguna merasakan manfaat seperti hemat waktu, mudah, efisien, dan aman ketika menggunakan QRIS atau pun semakin pengguna memiliki kebiasaan dalam menggunakan QRIS untuk menyelesaikan transaksi, maka minat dalam menggunakan QRIS akan menjadi semakin meningkat. Sehingga dengan adanya manfaat maksimal yang dirasakan oleh pengguna dan adanya kebiasaan pengguna dalam menggunakan QRIS berpengaruh positif terhadap minat menggunakan QRIS.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Nelza Chania
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:38
Last Modified: 01 Sep 2022 02:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8150

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item