Analisis Persepsi dan Pengetahuan Nasabah terhadap Pelaksanaan Green Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk

1804421037, Theresia Angel Natalia Haurissa (2022) Analisis Persepsi dan Pengetahuan Nasabah terhadap Pelaksanaan Green Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I & V] Text (BAB I & V)
Theresia Angel N.H_BAB I & V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II, III & IV] Text (BAB II, III & IV)
Theresia Angel N.H_BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Theresia Angel N.H_Abstrak.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (298kB)

Abstrak

Green Banking merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh bank untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan guna mendukung pembangunan berkelanjutan. Green Banking di Indonesia telah dilakukan oleh beberapa bank, salah satunya adalah PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. BNI merupakan pionir atau inisiator perbankan peduli lingkungan yang dengan aktif melakukan Praktik Green Banking. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi dan pengetahuan nasabah BNI terhadap pelaksanaan Green Banking yang selama ini telah diterapkan, dimana pelaksanaan ini adalah tanggung jawab semua pihak. Penelitian ini dilakukan dengan melihat aktivitas Praktik Green Banking dalam CSR BNI yang dikenal dengan Program BNI Berbagi dan salah satu gerakannya adalah BNI Go Green. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada 100 nasabah aktif BNI dan data sekunder yang berasal dari laporan keberlanjutan BNI. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda menggunakan alat bantu analisis yaitu SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan green banking BNI dan pengetahuan nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan green banking BNI. Selanjutnya berdasarkan hasil uji simultan, diketahui bahwa persepsi dan pengetahuan nasabah berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan green banking BNI.

Kata Kunci: Persepsi Nasabah, Pengetahuan Nasabah, Pelaksanaan Green Banking, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Theresia Angel Natalia Haurissa
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:50
Last Modified: 01 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item
View Item