PEMBUATAN ANIMASI 3D PADA GAME SIMULASI 3D PERTOLONGAN PERTAMA DI LINGKUNGAN RUMAH BERBASIS ANDROID

1807431014, Pandu Rifqi Ardiansyah (2022) PEMBUATAN ANIMASI 3D PADA GAME SIMULASI 3D PERTOLONGAN PERTAMA DI LINGKUNGAN RUMAH BERBASIS ANDROID. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Kecelakaan merupakan suatu kejadian yang tidak diingikan, tidak disengaja ataupun tidak direncanakan. Kecelakaan yang terjadi di rumah akibat kegiatan di rumah dapat saja kecelakaan tersebut sangat berpotensi kepada kematian. Pentingnya pemahaman mengenai pertolongan pertama di masyarakat umum karena untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan saat terjadinya suatu kecelakaan di rumah. Pemberian edukasi pertolongan pertama kepada masyarakat saat ini baru dilaksanakan melalui program pelatihan yang bernama Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau SIBAT dan Palang Merah Remaja atau PMR. Namun terdapat beberapa keterbatasan dalam melakukan pelatihan seperti biaya akomodasi yang terbatas, pada situasi covid selama tahun ini membuat pelatihan seperti PMR dilaksanakan secara video conference namun juga memiliki kendala lainnya seperti koneksi internet dan penyampain materi yang memutuhkan praktik. Penyampaian edukasi akan lebih mudah tersampaikan dengan baik jika cara penyampainnya informasinya dapat mudah dipahami dan menarik, seperti penggunaan game dalam proses edukasi atau disebut juga dengan edugame. Maka dari itu kami mengembangkan sebuah game simulasi 3D pertolongan pertama di lingkungan rumah berabasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembuatan animasi 3 dimensi yang digunakan dalam pembuatan game simulasi pertolongan pertama yang telah dibuat. Pembuatan animasi dikerjakan dengan metode MDLC atau Multimedia Development Life Cycle. Pada proses pengujian terkait animasi 3D dan game simulasi pertolongan pertama dilakukannya pengujian yaitu kepada target audiens berusia 15 sampai 17 tahun. Dari hasil pengujian mendapatkan 26 responden bahwa menyatakan game ini sudah layak dijadikan sebagai media edukasi pertolongan pertama di lingkungan rumah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Pandu Rifqi Ardiansyah
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:57
Last Modified: 15 Aug 2022 01:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6376

Actions (login required)

View Item
View Item