PERANCANGAN ASET 3D UNTUK GAME SIMULASI 3D PERTOLONGAN PERTAMA DI LINGKUNGAN RUMAH BERBASIS ANDROID

1807431003, Yoga Aditia Gustira (2022) PERANCANGAN ASET 3D UNTUK GAME SIMULASI 3D PERTOLONGAN PERTAMA DI LINGKUNGAN RUMAH BERBASIS ANDROID. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (13MB)

Abstrak

Berbicara mengenai kecelakaan di lingkungan sekitar rumah, kita perlu mengetahui adanya berbagai resiko kecelakaan yang dapat terjadi di sekitar rumah. Kecelakaan merupakan hal yang tidak dapat kita prediksi kapan dan dimana kecelakaan itu akan terjadi. Edukasi mengenai cara melakukan pertolongan pertama merupakan hal yang sangat penting untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadinya kecelakaan di rumah. Pemberian edukasi pertolongan pertama yang dilakukan oleh PMI untuk masyarakat umum saat ini baru dilaksanakan melalui program pelatihan yang bernama Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau SIBAT dan Palang Merah Remaja atau PMR. Dalam proses pelaksanaannya program tersebut memiliki beberapa kendala seperti biaya akomodasi program dan juga terkendala akan pandemi covid yang melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan bertatap muka. Maka dari itu kami mengembangkan sebuah game simulasi 3D pertolongan pertama di lingkungan rumah berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rancang bangun terhadap aset 3 dimensi yang digunakan sebagai aset pendukung untuk animasi dan game simulasi pertolongan pertama yang telah dibuat. Perancangan aset dilaksanakan dengan menggunakan metode Design Thinking. Pada proses pengujian terkait aset 3D dan game simulasi pertolongan pertama yang dilakukan pada target audiens dengan rentang usia 15 sampai dengan 17 tahun menghasilkan data pengujian, sebesar 82,7 persen mengatakan bahwa game tersebut telah membantu target audiens memahami tahapan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan di lingkungan rumah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Yoga Aditia Gustira
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:58
Last Modified: 11 Aug 2022 05:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item
View Item