PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SCENTED CANDLE ITSHELLTER

5017020050, Dinda Faradiba (2021) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SCENTED CANDLE ITSHELLTER. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Pembuka dan Penutup TA_Dinda Faradiba.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi TA_Dinda Faradiba.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip_Dinda Faradiba.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (876kB)

Abstrak

Kemasan merupakan sebuah wadah yang berfungsi untuk meningkatkan nilai dan fungsi terhadap suatu produk yang dikemas. Desain kemasan yang unik dan menarik dinilai mampu menjadi daya tarik tersendiri di mata para konsumen. Hal itu pula yang diharapkan oleh small business asal Bandung yang menjual produk scented candle, Itshellter. Itshellter ingin agar kemasan produknya bisa memiliki daya tarik dari segi desain, sekaligus mampu menjadi product value bagi para konsumennya. Namun dalam pelaksanaannya, kemasan yang digunakan oleh Itshellter saat ini masih kurang menarik dan kurang informatif, karena kemasan belum memuat konten-konten mengenai produk yang ditawarkannya. Sehingga kemasan ini kerap kali membuat konsumen kebingungan, dan dinilai kurang dapat bersaing di pasaran, karena kemasan belum menarik dan belum mampu menjadi pembeda antara brand Itshellter dengan brand yang lainnya. Oleh karena itu, Itshellter berencana untuk membuat desain kemasan yang baru, dengan konsep “Picnic Cake” dengan tujuan utama untuk melalukan promosi terhadap bentuk scented candle terbaru dari brandnya, sekaligus untuk mempengaruhi daya tarik konsumen terhadap desain kemasan brand Itshellter yang unik, menarik dan memiliki ciri khas dari brand Itshellter itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan wawancara terarah kepada klien, survey kepada konsumen dan target market Itshellter, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis data melalui matriks SWOT, pembuatan desain kemasan ini akan dikemas dengan desain yang bergaya feminim, fun, dan personal. Konsep tersebut juga ditetapkan karena daya desain selaras dengan creative brief dan karakter dari Itshellter. Desain kemudian diolah sesuai konsep yang ingin diangkat yakni “Bring The Sweetness To The Picnic” dan dibuat relevan sesuai target utamanya yaitu perempuan remaja yang menyukai hal-hal yang aesthetic. Hasil desain kemudian diaplikasikan ke media utama yaitu kemasan dari material corrugated box berukuran 22x22x7cm, dan secara konsisten desain akan diaplikasikan ke berbagai media pendukung lainnya seperti paperbag, thank you card, sticky notes, dan custom tape.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Dinda Faradiba
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:02
Last Modified: 20 Sep 2021 07:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item
View Item