PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL WIJAYA CAKE AND COOKIES

5017020035, Qonit Qurrota A'yuni Saadah (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL WIJAYA CAKE AND COOKIES. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Laporan TA awalan, Bab 1 & Bab 5, akhiran [Qonit Qurrota A'yuni Saadah] [5017020035]-22-94.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
Laporan TA Isi (Bab 2-Bab 4) [Qonit Qurrota A'yuni Saadah] [5017020035]-22-94.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel [Qonit Qurrota A'yuni Saadah] [5017020035] .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Identitas visual seperti logo sangat penting dalam menghadapi persaingan pasar yang lebih luas agar brand dapat dikenal dan memudahkan konsumen dalam membedakan suatu produk. Wijaya Cake and Cookies merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang usaha makanan milik Ibu Urifah dan menghasilkan produk berupa kue basah, bolu panggang, bolu kukus dan kue kering. UMKM Wijaya Cake and Cookies belum memiliki identitas visual logo untuk memasarkan produknya dan hanya menggunakan stiker bertuliskan nama brand sehingga belum memunculkan identitas brand. Pembeli kadang tidak mengetahui bahwa produk yang dibeli merupakan buatan Ibu Urifah. Untuk promosi dan pemesanan hanya dilakukan melalui whatsapp. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan perancangan identitas visual yaitu logo yang sesuai dengan citra brand dan memperkuat kesadaran masyarakat dalam membeli produk Wijaya Cake and Cookies. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan studi literatur, wawancara, observasi dan kuesioner sebagai data pendukung serta pengembangan konsep visual menggunakan metode design thinking. Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil SWOT dan STP dari brand dengan menunjukkan sebuah identitas visual yaitu logo sesuai dengan citra brand yang ingin disampaikan serta teori yang digunakan seperti pada pictogram logo yang dibuat melalui proses desain. Perancangan identitas visual yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan brand Wijaya Cake and Cookies dan menguatkan posisi serta identitas di mata khalayak.

Kata kunci: Identitas Visual, Logo, Brand Awareness, UMKM

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 743 Gambar menurut subjek, menggambar menurut subjek
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Qonit Qurrota A'yuni Saadah
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:59
Last Modified: 20 Sep 2021 05:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item
View Item