Awalia, Fritzi Virda (2025) PERAN PENDAPATAN, GAYA HIDUP, DAN LITERASI DIGITAL DALAM MEMBENTUK KEPUTUSAN INVESTASI SECARA DIGITAL PADA GENERASI Z (Studi Kasus Di Wilayah Jakarta Timur). D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Download (668kB)
![[thumbnail of BAB 234]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ISIBAB234.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis atas pengaruh secara parsial dan simultan yang terjadi antara pendapatan, gaya hidup, dan literasi digital terhadap keputusan berinvestasi digital yang dilakukan oleh Generasi Z di daerah Jakarta Timur. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Metode pemilihan sample dilakukan secara non probability sampling dan jenis pendekatan purposive sampling, maka pelaksanaan penelitian dilakukan terhadap 150 responden dengan kriteria tertentu. Proses pengumpulan data penelitian digunakan Google Form yang disebarkan melalui online. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25. Pelaksanaan olah data dimulai dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrument yang digunakan dalam penelitian. Selanjutnya dilakukan proses analisis dengan tahap regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang digunakan memenuhi syarat distribusi normal sebesar 0,200 > 0,05. Adapun model persamaan regresi yang didapatkan adalah Y = 2,903 + 0,036X1 + 0,307X2 + 0,512X3 + e. Hasil uji parsial sendiri menunjukkan bahwa pendapatan, gaya hidup, dan literasi digital memberikan pengaruh tehadap keputusan berinvestasi secara digital. Sedangkan untuk hasil analisis koefisiensi determinasi menunjukkan ahsil sebesar 56% pendapatan, gaya hidup, dan literasi digital secara Bersama-sama mempengaruhi keputusan berinvestasi secara digital dan sisa 44% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak dilakukan di dalam penelitian.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | fritzi awalia |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:07 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:07 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32198 |