PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND TRUST, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI FOLLOWERS INSTAGRAM DOMPET DHUAFA

2004411005, Asti Wahyuningtyas (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND TRUST, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI FOLLOWERS INSTAGRAM DOMPET DHUAFA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Pembukaan (Bab 1) dan (Bab 5) 2004411005_Asti Wahyuningtyas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi (Bab 2 sd 4) 2004411005_Asti Wahyuningtyas.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel_SNAM Asti Wahyuningtyas_.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (450kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Social Media Marketing, Brand Trust, dan Brand Image terhadap Keputusan Berdonasi pada Followers Akun Instagram Dompet Dhuafa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif kausal dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 135 responden yang merupakan followers akun Instagram @dompetdhuafaorg dan pernah atau aktif berdonasi. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas, yaitu social media marketing, brand trust, dan brand image, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berdonasi. Di antara ketiganya, brand image memberikan pengaruh paling dominan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi positif terhadap citra lembaga, diikuti dengan strategi pemasaran yang efektif dan tingkat kepercayaan publik, menjadi faktor penting dalam mendorong keputusan donasi melalui media sosial. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi lembaga zakat untuk lebih mengoptimalkan strategi komunikasi digital guna meningkatkan loyalitas dan partisipasi donatur.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Asti Wahyuningtyas
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:22
Last Modified: 12 Aug 2025 03:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32086

Actions (login required)

View Item
View Item