2104411069, Alfin Rizqi Fadhillah (2025) PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA OLEH GENERASI Z. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (426kB)
Abstrak
Perkembangan transformasi digital telah mendorong perbankan syariah, termasuk Bank Syariah Indonesia (BSI), untuk mengembangkan layanan Mobile Banking. Namun, tingkat penggunaan layanan ini masih belum optimal di kalangan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan Mobile Banking oleh Generasi Z di wilayah Jabodetabek. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keamanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Mobile Banking. Kedua variabel tersebut, baik secara individu maupun bersama-sama, terbukti memengaruhi keputusan pengguna dalam memanfaatkan layanan digital perbankan syariah. Temuan ini memperkuat teori Technology Acceptance Model (TAM) yang telah diperluas, yang menekankan pentingnya faktor psikologis seperti rasa aman dan kepercayaan dalam mendorong adopsi teknologi keuangan. Penelitian ini merekomendasikan agar BSI terus meningkatkan keamanan digital, memperkuat transparansi layanan, serta mengembangkan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Generasi Z. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain seperti kemudahan penggunaan, manfaat, atau pengaruh media sosial guna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai perilaku pengguna Mobile Banking syariah.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email alfin.rizqi.fadhillah.ak21@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:25 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:25 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31977 |