PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA

2104411052, Raihan Putra Aulia (2025) PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMA~1.PDF] Text
HALAMA~1.PDF

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel_SNAM_Raihan Putra Aulia_BS 8B.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (534kB)

Abstrak

Perkembangan jumlah nasabah pada tabungan haji di BSI mengalami fluktuasi pada
periode tahun 2022 s.d 2024. Oleh karena itu, penerapan seni manajemen
pemasaran yang efektif menjadi kunci. Salah satu metode yang digunakan dalam
strategi pemasaran adalah dengan menerapkan Islamic marketing mix 9P. Tingkat
literasi keuangan syariah masih berada di angka 39,11%. Di sisi lain, literasi
keuangan konvensional mencapai 65,08% menunjukkan adanya kesenjangan yang
signifikan antar kedua sektor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis
pengaruh Islamic marketing mix dan literasi keuangan syariah terhadap minat
menabung pada Produk BSI Tabungan Haji Indonesia. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS
versi 31. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu berupa kuesioner dengan
total 97 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic marketing mix
dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh terhadap minat menabung pada
produk BSI Tabungan Haji Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan Bank Syariah
Indonesia dapat mengembangkan dan menerapkan strategi Islamic marketing mix
pada Produk BSI Tabungan Haji Indonesia kepada calon nasabah dan mengadakan
kegiatan yang dilaksanakan di kampus atau di tempat strategis lainnya sebagai
bentuk tanggung jawab sosial BSI untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di
Indonesia

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Raihan Putra Aulia
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:12
Last Modified: 07 Aug 2025 07:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31680

Actions (login required)

View Item
View Item