2104441033, Risma Uli Manurung (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN HERDING BIAS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA GENERASI Z PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DI DKI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas, BAB I & V, Lampiran.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi BAB II s.d BAB IV]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II—IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (734kB)
Abstrak
Rendahnya literasi keuangan dan tingginya paparan terhadap informasi yang belum tervalidasi di media sosial menimbulkan potensi terjadinya pengambilan keputusan investasi yang tidak rasional di kalangan Generasi Z. Salah satu fenomena yang mencerminkan hal ini adalah kecenderungan mengikuti tren atau opini publik tanpa analisis mendalam, yang dikenal sebagai herding bias. Perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi telah mendorong meningkatnya partisipasi Generasi Z dalam investasi saham. Kelompok usia ini berkembang dalam lingkungan digital dan memiliki kedekatan yang tinggi dengan platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, yang saat ini tidak semata-mata dimanfaatkan untuk hiburan, melainkan juga berfungsi sebagai sumber informasi dan edukasi investasi. Keterpaparan terhadap konten investasi dari influencer menjadikan Generasi Z sebagai kelompok yang berpotensi aktif dalam aktivitas pasar modal saat ini. Penelitian ini dirancang guna menganalisis pengaruh literasi keuangan dan herding bias terhadap keputusan dalam melakukan investasi saham yang dilakukan para pengguna media sosial Instagram dan TikTok dengan menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif melalui survei kuesioner online kepada 100 responden. Data dianalisis memakai pendekatan analisis regresi linear berganda secara signifikan memengaruhi keputusan investasi saham. Pengaruh ini terbukti baik saat kedua variabel ditinjau secara parsial ataupun secara simultan. Temuan ini diharapkan memberikan referensi bagi investor gen z dalam meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan mengambil keputusan yang logis, serta bagi akademisi dan regulator dalam merancang strategi edukasi keuangan berbasis digital.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Manajemen Keuangan D4 |
User ID Pengunggah: | Risma Uli Manurung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:58 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31490 |