2104411029, Rananda Nurhaliza (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE, PERCEIVED FINANCIAL BENEFITS DAN PERCEIVED SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI PT BANK SYARIAH INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul Pendahuluan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B-Rananda Nurhaliza_2104411029_Artikel SNAM FIX.pdf
Download (486kB)
Abstrak
Perkembangan layanan pembiayaan syariah di Indonesia terus menunjukkan tren positif, salah satunya melalui produk gadai emas yang semakin diminati masyarakat. PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia menyediakan layanan gadai emas, namun tingkat adopsinya masih kalah dibandingkan Pegadaian Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perceived value, perceived financial benefits, dan Perceived Service Quality terhadap minat masyarakat dalam menggunakan produk gadai emas di BSI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online kepada 125 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Responden merupakan nasabah maupun calon nasabah BSI yang mengetahui layanan gadai emas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk gadai emas di BSI. Temuan lainnya menunjukkan bahwa Perceived Service Quality menjadi variabel yang paling dominan dalam memengaruhi minat nasabah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan bagi lembaga perbankan syariah dalam meningkatkan kualitas layanan dan strategi promosi, serta menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih produk pembiayaan yang sesuai prinsip syariah.
Kata Kunci : Perceived value, Perceived Financial Benefits, Perceived Service Quality, Minat Menggunakan, Gadai Emas, Bank Syariah Indonesia.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4 |
User ID Pengunggah: | Rananda Nurhaliza |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:42 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31427 |