Noor, Nabila Syawalia (2025) PENGARUH ONLINE CAMPAIGN DAN CYBER SECURITY KNOWLEDGE TERHADAP PROTECTIVE BEHAVIOUR NASABAH GENERASI Z BANK BCA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutupan]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nabila Syawalia Noor_Halaman Identitas Skripsi.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nabila Syawalia Noor_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nabila Syawalia Noor_Artikel iCAST SS 2025.pdf
Download (299kB)
Abstrak
Kemajuan dunia digital tidak selalu memberikan dampak yang baik, justru seringkali menjadi suatu ancaman yang merugikan. Meningkatnya data tentang korban penipuan online serta pengaduan penipuan dalam sektor perbankan seperti pembobolan rekening, skimming, phishing, dan Social engineering membuktikan bahwa nasabah Generasi Z memerlukan perilaku perlindungan diri pada data pribadinya. Dalam menyikapi hal tersebut PT. Bank Central Asia Tbk. menginisiasi untuk membuat program online campaign tentang bagaimana nasabah Generasi Z bersikap melindungi diri dari kejahatan penipuan online. Sikap tersebut juga harus di dukung dengan wawasan pengetahuan tentang kejahatan siber dan bagaimana nasabah memproteksi dirinya dari bahaya penipuan online. Melalui pendeketan kuantitatif dengan data dikumpulkan dari 100 responden nasabah aktif Bank BCA yang sudah menyaksikan Online Campaign tersebut, hasil menunjukan bahwa Online Campaign dan Cyber Security Knowledge berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Protective Behaviour nasabah Generasi Z Bank BCA. Secara bersama-sama, kedua variabel ini dapat menjelaskan 40,5% Protective Behaviour nasabah Generasi Z Bank BCA. Secara keseluruhan, temuan ini menyatakan jika program Online Campaign dan Cyber Security Knowledge mampu membentuk perilaku perlindungan diri pada nasabah Generasi Z untuk menghadapi bahaya penipuan online dalam sektor perbankan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4 |
User ID Pengunggah: | Nabila Syawalia Noor |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:01 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30602 |