PENERAPAN LORA FINE-TUNING TERHADAP STABLE DIFFUSION UNTUK GENERASI KARAKTER PIXEL ART

2107411058, Haidar Azmi Rohman (2025) PENERAPAN LORA FINE-TUNING TERHADAP STABLE DIFFUSION UNTUK GENERASI KARAKTER PIXEL ART. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf] Text
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd 4).pdf] Text
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (343kB)

Abstrak

Penelitian ini mengimplementasikan fine-tuning pada model Stable Diffusion menggunakan metode Low-Rank Adaptation (LoRA) untuk menghasilkan karakter pixel art dari deskripsi teks. Model yang telah disesuaikan ini kemudian diintegrasikan ke dalam sebuah website untuk mempermudah akses dan pengujian oleh pengguna. Data yang digunakan dalam pelatihan adalah dataset karakter pixel art yang telah dianotasi secara manual untuk memastikan konsistensi dan relevansi atribut visual. Efektivitas model dievaluasi melalui pendekatan kuantitatif menggunakan metrik Learned Perceptual Image Patch Similarity (LPIPS) dan pendekatan kualitatif melalui umpan balik pengguna. Hasil evaluasi kuantitatif menunjukkan bahwa model fine-tuned mencapai skor LPIPS rata-rata 0.2471, jauh lebih rendah dibandingkan base model Stable Diffusion 1.5 yang memiliki skor 0.8638, mengindikasikan peningkatan signifikan dalam kesesuaian visual antara prompt dan gambar yang dihasilkan. Dari sisi kualitatif, model ini mendapatkan rata-rata skor 4.48/5 untuk kualitas style dan 4.24/5 untuk kesesuaian warna, meskipun ditemukan tantangan pada representasi headgear dengan tingkat kesesuaian 0.00%. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan efektivitas LoRA dalam mengadaptasi model generatif untuk seni digital dengan sumber daya komputasi yang efisien, menawarkan solusi inovatif bagi pengembang game indie dan desainer digital dalam memproduksi aset visual berkualitas tinggi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Haidar Rohman
Date Deposited: 30 Jul 2025 12:34
Last Modified: 30 Jul 2025 12:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30317

Actions (login required)

View Item
View Item