ANALISIS DAMPAK PUTAR-BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ARTERI PERKOTAAN (STUDI KASUS JALAN IR. H. JUANDA CIPUTAT)

2101411030, Prasetyo Satrio (2025) ANALISIS DAMPAK PUTAR-BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ARTERI PERKOTAAN (STUDI KASUS JALAN IR. H. JUANDA CIPUTAT). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V] Text (Judul, Bab I dan Bab V)
Naskah Skripsi (GT) - PRASETYO SATRIO - Judul, Bab I dan Bab V.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran] Text (Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran)
Naskah Skripsi (GT) - PRASETYO SATRIO - Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)

Abstrak

Jalan Ir. H. Juanda Ciputat merupakan salah satu jalan arteri perkotaan yang memiliki intensitas lalu lintas tinggi karena menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta. Keberadaan u-turn di depan Komplek Dosen Universitas Indonesia menjadi salah satu faktor konflik permasalahan lalu lintas, terutama karena aktivitas u-turn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas eksisting dan dampak u-turn terhadap kinerja ruas jalan, serta mengevaluasi alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja jalan. Metode kuantitatif yang digunakan adalah analisis menggunakan PKJI (2023) serta PPPB No.06/BM/2005. Selain itu, dilakukan simulasi lalu lintas menggunakan PTV VISSIM untuk membandingkan kondisi eksisting dengan alternatif solusi terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kejenuhan pada kondisi eksisting mencapai 1,11 dari arah Ciputat dan 0,91 dari arah Lebak Bulus. Kecepatan kendaraan aktual di lapangan turun hingga di bawah 10 km/jam, dengan tundaan mencapai 13,06 detik dan antrean mencapai 2,21 meter. Simulasi alternatif penutupan u-turn serta pemberian rambu putar balik pada underpass dan flyover menunjukkan peningkatan signifikan terhadap kinerja jalan. derajat kejenuhan menurun dari 1,11 menjadi 0,78 untuk arah Ciputat–Lebak Bulus dan 0,91 menjadi 0,83 untuk arah sebaliknya. Oleh karena itu, alternatif tersebut direkomendasikan untuk diterapkan guna mengurangi kemacetan di ruas jalan tersebut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Prasetyo Satrio
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:01
Last Modified: 28 Jul 2025 03:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item
View Item