Pembuatan Video Animasi 2D sebagai Media Pembelajaran “Basic Rules of Golf” pada Pondok indah Golf Academy

2107431023, Raihan Abdurrasyid Jaelani (2025) Pembuatan Video Animasi 2D sebagai Media Pembelajaran “Basic Rules of Golf” pada Pondok indah Golf Academy. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
2107431023_Raihan_Abdurrasyid_Jaelani_Skripsi_Bab 1 dan 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
2107431023_Raihan_Abdurrasyid_Jaelani_Skripsi_Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
2107431023_Raihan_Abdurrasyid_Jaelani_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (376kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi 2D sebagai media
pembelajaran mengenai peraturan dasar dalam olahraga golf untuk siswa usia 6 sampai 12 tahun
di Pondok Indah Golf Academy. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media
visual interaktif berbentuk video animasi untuk para junior dalam proses pembelajaran di
akademi tersebut, yang selama ini hanya menggunakan metode praktik langsung atau
simulator. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle,
yang mencakup tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan
distribution. Hasil akhir berupa video berdurasi 3 menit 47 detik berjudul “Basic Rules of
Golf” yang mencakup empat materi utama: etika bermain, lapangan golf, format
turnamen, dan perlengkapan. Proses evaluasi melalui alpha dan beta testing terhadap
pelatih menunjukan bahwa kelayakan materi ini mencapai 95 persen, kelayakan animasi
terhadap 40 junior mencapai 87 persen dan ahli animasi mencapai 82 persen, yang berarti
menunjukkan bahwa video animasi ini sangat layak. Hasil ini menunjukkan bahwa media
animasi dapat menjadi sarana edukatif yang efektif dan menarik dalam menyampaikan
materi golf kepada anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Raihan Jaelani
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:58
Last Modified: 25 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item
View Item