Perancangan Kemasan Kolang Kaling Premium

5017020046, Basma Khoirunnisa (2021) Perancangan Kemasan Kolang Kaling Premium. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (10MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (459kB)

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai salah satu tonggak pemulihan ekonomi Indonesia memiliki berbagai metode pemasaran yang disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing. Salah satunya adalah melalui bazar offline yang dilakukan selama ini dan menjadi andalan UMKM Kolang Kaling Kembar. Namun, pandemi yang berlangsung meminimalisir penyelenggaraan bazar offline. Hal ini berdampak pada menurunnya omzet UMKM Kolang Kaling Kembar, sehingga terjadi perubahan strategi pemasaran yaitu meluncurkan lini produk baru yang premium yang dinamakan Kolang Kaling Kembar Premium. Lini produk baru ini akan menyasar target market yang baru pula, yaitu pada kelas menengah ke atas. Untuk menciptakan penanaman posisi produk yang kuat dalam benak masyarakat, dilakukan juga positioning. Sebagai lini produk baru, Kolang Kaling Kembar Premium belum memiliki kemasan sebagai media pemasaran, meningkatkan product value, dan menciptakan positioning. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang desain kemasan Kolang Kaling Kembar Premium sebagai strategi pemasaran baru, meningkatkan product value, serta memperkuat positioning produk yaitu “cemilan premium untuk keluarga yang sehat dan segar”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, survey, serta studi literatur. Desain kemasan Kolang Kaling Kembar Premium mengangkat konsep visual yakni “yang Terbaik untuk yang Tersayang” yang direpresentasikan dengan elemen image fotografi buah atap, daun aren, meja kayu, dan tirai rumah, basic shape, font sans serif dan script, warna putih, hitam, emas, dan hijau, serta stilasi objek bingkai ujung rounded. Desain tersebut dicetak pada label 20,5 cm x 7 cm bermaterial vinyl dilaminasi doff untuk boks plastik produk manisan 500 gr beserta media pendukung berupa label botol produk jus 250 ml, paper bag, juga kartu ucapan terima kasih. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan omzet UMKM Kolang Kaling Kembar, turut serta mendukung perkembangan ekonomi Indonesia melalui UMKM, dan menyejahterakan petani kolang kaling di negeri ini.

Kata Kunci : desain kemasan, UMKM, kolang kaling, premium

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Basma Khoirunnisa
Date Deposited: 17 Sep 2021 09:31
Last Modified: 17 Sep 2021 09:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2935

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item