2107412037, Galih Lanjar Pangastuti (2025) PEMBANGUNAN GENERATIVE HUMAN RESOURCE CHATBOT BERBASIS MULTIMODAL LARGE LANGUAGE MODEL DENGAN METODE TRANSFER LEARNING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107412037_Galih_Lanjar_Pangastuti_Halaman_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107412037_Galih_Lanjar_Pangastuti_Halaman_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107412037_GALIH_LANJAR_PANGASTUTI_JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (403kB)
Abstrak
Pada penelitian yang dilakukan berdasarkan studi kasus yang terdapat di dalam Divisi HR, PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, diketahui bahwa salah satu permasalahan yang terdapat dalam perusahaan tersebut, yaitu masih menggunakan teknologi chatbot tradisional yang belum interaktif sebagai sarana penyedia informasi mengenai kebijakan karyawan yang berlaku. Keterbatasan sistem chatbot berbasis rule-based ini menciptakan urgensi untuk pembangunan chatbot yang lebih interaktif dan cerdas. Pembangunan chatbot dilakukan dengan menggunakan metode transfer learning, yaitu supervised fine-tuning terhadap LLM, yaitu Qwen2.5-7B-Instruct. Model chatbot diimplementasikan ke dalam aplikasi website dan dapat menerima dua jenis input berupa input teks dan audio. Hasil penelitian menghasilkan model chatbot dengan skor BLEU-4 sebesar 75.891 persen, Rouge-1 sebesar 78.2241 persen, Rouge-2 sebesar 70.2287 persen, dan Rouge-l sebesar 74.1740 persen. Dari hasil human evaluation diketahui persentase akurasi validasi chatbot sebesar 98.4 persen. Pada pengujian fitur speech-to-text menghasilkan skor WER sebesar 0.26. Namun, pada hasil pengujian blackbox testing diketahui bahwa aplikasi yang dibuat masih memiliki beberapa keterbatasan karena terdapat beberapa skenario pengujian yang menghasilkan keluaran tidak sesuai. User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan penilaian sistem yang tergolong dalam kategori “Baik”.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4 |
User ID Pengunggah: | D4 Galih Lanjar Pangastuti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29192 |