Pembangunan Sistem Informasi Bisnis Multi-Level Marketing dengan Analisis Sentralitas pada Struktur Jaringan

2107411040, Riandar Farhan (2025) Pembangunan Sistem Informasi Bisnis Multi-Level Marketing dengan Analisis Sentralitas pada Struktur Jaringan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Bab 1 & Bab 5] Text (Halaman Identitas Skripsi, Bab 1 & Bab 5)
Riandar Farhan_Skripsi_Identitas.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4] Text (Bab 2 - Bab 4)
Riandar Farhan_Skripsi_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (21MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Riandar Farhan_Skripsi_Manuscript.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (491kB) | Request a copy

Abstrak

Multi-level Marketing (MLM) adalah suatu strategi bisnis yang dimana suatu perusahaan menjual suatu produk melalui distributor yang ada di dalam bisnisnya itu sendiri yang dimana setiap distributor yang menjual produk atau jasa dari perusahaan. Hal ini membangun sebuah jaringan sosial yang luas. Sebuah penelitian yang terdahulu menggunakan analisis sentralitas untuk menentukan anggota yang paling berinfluensial dalam media sosial menggunakan jaringan hashtag pada twitter. Hal yang sama dapat diterapkan oleh jaringan yang terbentuk dari bisnis multi-level marketing. Dengan ini, penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi bisnis MLM dan mengimplementasi lima metrik sentralitas—sentralitas derajat, sentralitas kedekatan, sentralitas keperantaraan, sentralitas eigenvektor, dan sentralitas PageRank—dalam penentuan agen yang paling berpengaruh, serta membandingkan lima algoritma tersebut menggunakan matriks korelasi. Sistem informasi dibangun menggunakan FastAPI, Android Studio, dan ReactJS. Data keanggotaan diolah ke dalam graf menggunakan NetworkX, kemudian hasil perhitungan sentralitas divisualisasikan melalui antarmuka web dan mobile. Analisis Top N menunjukkan analisis sentralitas dan keperantaraan mendapatkan hasil akurasi yang signifikan dalam menentukan anggota yang paling berpengaruh pada perusahaan. Analisis Inverse Sorensen Dice menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil setiap algoritma dengan sentralitas PageRank menghasilkan Top-10 yang berbeda dengan algoritma lainnya. Uji fungsionalitas dan penerimaan pengguna (UAT) menunjukkan tingkat keberhasilan fitur di atas 100%. Dengan sistem ini, perusahaan MLM dapat memilih metrik sentralitas yang paling sesuai untuk strategi rekrutmen dan retensi, serta merencanakan pengembangan fitur analitik lanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Analisis Jaringan, Graf, Multi-Level Marketing, Sentralitas
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Riandar Farhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:34
Last Modified: 24 Jul 2025 03:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item
View Item