Perancangan Buku Company Profile PT Reefer Specialist Sebagai Media Promosi

2106422011, Naila Andini Zahrah (2025) Perancangan Buku Company Profile PT Reefer Specialist Sebagai Media Promosi. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI (Bab I & V).pdf] Text
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI (Bab I & V).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI (Bab II-IV).pdf] Text
ISI (Bab II-IV).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Globalisasi telah mengubah perekonomian di Indonesia, menciptakan pasar terintegrasi yang memicu persaingan bisnis yang ketat. Perusahaan membutuhkan dukungan kuat dari mitra strategis, termasuk penyedia jasa dan barang, untuk berkembang. Oleh karena itu, perusahaan penyedia jasa dan barang bersaing ketat untuk menawarkan layanan terbaik demi mendukung pertumbuhan ekonomi, sehingga tender menjadi esensial dalam membangun kemitraan yang saling menguntungkan. Untuk mencapai keberhasilan tender, strategi promosi melalui media seperti company profile menjadi sangat penting. Saat ini, PT Reefer Specialist kesulitan memenangkan tender dan menjalin kemitraan secara konsisten karena belum mempunyai company profile yang profesional dan detail, serta hanya mengandalkan word of mouth marketing. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan buku company profile lengkap tentang perusahaan dari detail perusahaan, layanan, produk, portofolio, dan rekam jejak kemitraan untuk meningkatkan profesionalisme, kredibilitas, dan memperlancar proses tender. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode design thinking menurut Corey Ford. Dalam tahap empathize, penelitian ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti wawancara, studi literatur, dan observasi. Kemudian di tahap define, data yang telah terkumpul diolah menggunakan analisis SWOT dan STP sebagai dasar penyusunan creative brief untuk perancangan buku company profile PT Reefer Specialist. Pada tahap ideate, dilakukan brainstorming, penyusunan mindmap dan moodboard, pembuatan sketsa, hingga finalisasi desain format cetak. Hasil cetak akan diuji coba melalui tahap prototype, lalu dilakukan tahap test kepada target audiens potensial. Hasil penelitian yaitu berupa desain company profile dengan gaya desain minimalist, modern, dan corporate, yang diwujudkan melalui penggunaan flat design, seperti icon dan bentuk geometris, serta pengaplikasian pattern dan bentuk dinamis. Pemilihan warna difokuskan pada brand color yang diadaptasi menjadi skema warna monochrome dan gradasi. Layout yang digunakan yaitu swiss style yang memadukan komposisi simetris dan asimetris, dengan bantuan modular grid. Sementara itu, pemilihan tipografi mengandalkan jenis sans-serif dengan penekanan pada bold typography. Company profile ini diharapkan dapat digunakan sebagai media promosi yang dapat merepresentasikan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan nilai jual perusahaan, menarik minat pelanggan untuk bekerja sama, dan berfungsi sebagai media promosi yang kuat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Naila Andini Zahrah
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:01
Last Modified: 23 Jul 2025 03:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29006

Actions (login required)

View Item
View Item