2107431032, Muhammad Akhsan (2025) PEMBUATAN ASET, ANIMASI 3D, DAN IMPLEMENTASI UNITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WIRAUSAHA UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Skripsi.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Manuskrip artikel ilmiah (jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (515kB)
Abstrak
Kewirausahaan merupakan kompetensi penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini guna membentuk karakter siswa yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, nilai-nilai kewirausahaan diperkuat melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kewirausahaan”. Di tingkat sekolah dasar, pembelajaran kewirausahaan telah dilakukan melalui berbagai kegiatan yang mendorong keterlibatan siswa. Namun, belum semua siswa dapat memahami proses kewirausahaan secara menyeluruh, terutama dalam aspek pengambilan keputusan dan manajemen usaha sederhana. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi 3D untuk mendukung penyampaian materi kewirausahaan secara lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Objek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 05 Tengah Pagi sebagai target audiens media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aset 3D dan animasi dibuat menggunakan Blender, proses compositing dilakukan dengan Adobe Premiere, dan integrasi ke dalam aplikasi dilakukan melalui Unity. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media ini mendapatkan respons positif dari berbagai pihak. Hasil alpha testing menunjukkan aplikasi berjalan baik secara fungsional. Beta testing oleh guru memperoleh nilai indeks rata-rata 100%, siswa sebesar 90,56%, dan ahli media rata-rata 84%, yang semuanya masuk dalam kategori “Sangat Setuju”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinilai menarik, efektif, serta mampu meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap materi kewirausahaan. Media ini layak digunakan sebagai alternatif pendukung pembelajaran kontekstual berbasis P5 yang menyenangkan dan komunikatif.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | D4 Muhammad Akhsan |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:13 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28858 |