PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL UMKM ROTI BAKAR MBENK SEBAGAI MEDIA PROMOSI

2106421091, Daffa Ghaly Ikhsan (2025) PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL UMKM ROTI BAKAR MBENK SEBAGAI MEDIA PROMOSI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul - Lampiran.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (13MB)

Abstrak

Roti Bakar Mbenk merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang kuliner yang menjual roti bakar dengan berbagai varian rasa, dan berlokasi di kawasan permukiman di Kemayoran, Jakarta. Berdasarkan hasil observasi langsung dan survei kuantitatif terhadap 58 responden, ditemukan bahwa media promosi cetak yang menarik sangat berpengaruh dalam menarik perhatian konsumen di sekitar lokasi usaha, terutama karena posisi outlet yang tidak berada di jalan utama. Namun, Roti Bakar Mbenk belum memiliki media promosi cetak yang optimal sebagai alat bantu komunikasi visual di lokasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, proyek tugas akhir ini merancang marketing collateral cetak sebagai media promosi utama yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas brand dan membantu penyampaian informasi produk secara langsung. Proses perancangan dilakukan melalui metode pendekatan desain grafis dan pengolahan data preferensi konsumen, dengan fokus pada elemen visual yang informatif, menggoda selera, dan mencerminkan kesan rumahan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi survei preferensi konsumen dengan kuesioner, observasi lokasi usaha, serta studi kompetitor terhadap pelaku usaha sejenis. Pembuatan konsep visual dimulai dari perumusan arahan kreatif, pembuatan moodboard dari kata kunci visual “remahan”, “kupon”, dan “hand-drawn” hasil mind map. Merepresentasikan karakter produk rumahan, harga terjangkau, dan tampilan visual yang mencolok. Tahapan perancangan meliputi pembuatan sketsa layout, hingga finalisasi desain. Hasil dari perancangan ini berupa media cetak seperti banner berbahan albatros, brosur menu, dan signage arah. Perancangan media ini diharapkan mampu memperkuat persepsi brand, meningkatkan ketertarikan konsumen di lokasi, serta mendukung eksistensi Roti Bakar Mbenk sebagai UMKM yang kompetitif secara visual.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Daffa Ghaly Ikhsan
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:21
Last Modified: 22 Jul 2025 07:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item
View Item